Senin 19 Jun 2023 10:05 WIB

Kalah di Perebutan Posisi 3 Nations League, Koeman: Belanda tak Punya Mentalitas Pemenang

Koeman berharap kekalahan ini dapat menjadi pembelajaran bagi tim asuhannya.

Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman.
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda dikalahkan Italia dengan skor 2-3 dalam perebutan tempat ketiga UEFA Nations League 2022/2023 di Stadion De Grolsch Veste, Belanda, Ahad (18/6/2023) WIB. Pada laga tersebut, Belanda ketinggalan dua gol pada babak pertama ketika Federico Dimarco dan Davide Frattesi membobol gawang yang dijaga Justin Bijlow.

Tim berjuluk De Oranje itu lalu bangkit pada babak kedua dan mampu mencetak dua gol lewat Steven Bergwijn dan Georginio Wijnaldum. Namun, dua gol ini tidak cukup membuat Belanda melaju lebih jauh karena pada babak yang sama Federico Chiesa menambah satu gol untuk Azzurri dan membuat skor berakhir dengan 3-2.

Baca Juga

Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman juga mengatakan timnya tidak menunjukkan kemauan dan mentalitas sebagai pemenang.

"Saya malu dengan cara kami bermain saat itu. Itu tidak ada hubungannya dengan taktik atau sistem, tapi murni dengan kemauan dan mentalitas," ujar pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman, Senin (19/6/2023).

Lebih lanjut, Koeman berharap kekalahan ini dapat menjadi pembelajaran bagi timnya untuk tampil lebih baik pada pertandingan-pertandingan mendatang.

"Kami telah memulai sebuah proses. Kami harus mempertajam itu. Pertandingan ini adalah momen pembelajaran. Tapi cara kami bermain di babak pertama, itu benar-benar tidak mungkin. Itu harus jauh lebih baik," kata Koeman menjelaskan.

Adapun prestasi terbaik Belanda pada Nations League adalah terjadi pada edisi pertama. Saat itu Van Dijk dan kawan-kawan menempati posisi runner-up setelah dikalahkan Portugal, yang keluar sebagai juara dengan skor 1-0 pada laga final.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement