Selasa 20 Jun 2023 08:47 WIB

Media Asing dan Warganet Soroti Garnacho yang Sulit Lewati Bek Timnas Indonesia Asnawi

Garnacho tidak bisa menunjukkan aksi-aksi terbaiknya karena dihentikan Asnawi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang timnas Argentina Alejandro Garnacho (28) berusaha melewati adangan bek timnas Indonesia Asnawi Mangkualam dalam laga FIFA Matchday di Jakarta, Senin (19/6/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Gelandang timnas Argentina Alejandro Garnacho (28) berusaha melewati adangan bek timnas Indonesia Asnawi Mangkualam dalam laga FIFA Matchday di Jakarta, Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Alejandro Garnacho melakoni laga kedua bersama timnas senior Argentina kala melakoni laga FIFA Matchday kontra Indonesia, Senin (19/6/2023) malam. Namun, laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, itu berakhir kurang memuaskan buat winger berusia 18 tahun tersebut.

Dipercaya melakoni debut bersama Albiceleste di laga kontra Australia, tengah pekan lalu, Garnacho kembali diturunkan pelatih Lionel Scaloni di laga menghadapi Indonesia. Seperti halnya di laga kontra Australia, Garnacho diturunkan sebagai pemain pengganti di partai menghadapi skuad Garuda.

Baca Juga

Winger Manchester United itu mulai merumput pada menit ke-60. Kendati begitu, Garnacho tidak bisa memberikan kontribusi positif buat Albiceleste di laga tersebut.

Garnacho tidak bisa menunjukkan aksi-aksi terbaiknya lantaran kerap dihentikan bek kanan sekaligus kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Dalam beberapa kesempatan, kapten timnas Indonesia itu mampu merebut bola dan melakukan tackle yang bersih dalam duel dengan Garnacho. Selama 30 menit merumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Garnacho benar-benar tidak bisa berkutik di bawah penjagaan ketat Asnawi.

Performa Garnacho di laga itu pun menjadi sorotan di media sosial (medsos). Berbagai komentar miring soal performa Garnacho terlihat dalam salah satu unggahan akun pendukung United, @UtdPlug, di platform medsos, Twitter. Unggahan itu menunjukkan foto Garnacho yang mulai merumput di laga kontra Indonesia.

Namun, unggahan itu malah dipenuhi komentar negatif. ''Penampilan yang buruk,'' tulis salah satu akun di kolom komentar unggahan tersebut seperti disiarkan media asal India, SportsKeeda, Selasa (20/6/2023).

''Pemainmu dikantongi oleh Asnawi Mangkualam,'' tulis akun @narukaya dalam mengomentari unggahan tersebut.

Tidak hanya itu, sebuah akun juga membalas unggahan tersebut dengan sebuah foto hasil editan, yang menunjukkan Asnawi tengah memegang rantai yang terikat ke leher Garnacho.

Bahkan, salah satu akun menyebut, penampilan Asnawi di laga itu layaknya performa gelandang bertahan asal Brasil, Casemiro. Tidak hanya tampil apik kala mengawal sisi kanan pertahanan tim Garuda, bek klub asal Korea Selatan, Jeonnam Dragons, itu juga begitu aktif dalam membantu serangan.

''Dikantongi oleh Casemiro-nya Indonesia,'' tulis akun @nihilismenj0yer.

Padahal, pada musim ini, Garnacho tampil cukup impresif bersama Man United. Garnacho mulai sering mendapatkan kesempatan tampil oleh pelatih Man United Erik ten Hag. Dari 37 penampilan di semua ajang pada musim ini, Garnacho mampu mencetak enam assist dan enam gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement