Selasa 20 Jun 2023 10:29 WIB

Bernardo Silva Ditawari Rp 1,4 Triliun untuk Pindah ke Arab Saudi

Bernardo Silva sudah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan City musim panas ini.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Manchester City, Bernardo Silva.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Gelandang Manchester City, Bernardo Silva.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Playmaker Manchester City, Bernardo Silva, telah menerima kesempatan yang menggiurkan untuk bergabung dengan Liga Pro Arab Saudi. Pemain berusia 28 tahun itu telah menjadi roda penggerak utama dalam mesin Pep Guardiola selama enam musim terakhir, berkontribusi dengan 55 gol dan 59 assist dalam 306 penampilan di semua kompetisi sejak bergabung dari AS Monaco pada 2017.

Bernardo Silva telah memenangkan total 14 trofi selama waktunya di Etihad Stadium. Ia merupakan anggota penting dari skuad the Citizens yang memenangkan treble winners, Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Champions bersejarah pada 2022/2023.

Baca Juga

Namun, pemain internasional Portugal itu diyakini ingin mencari tempat baru dan dilaporkan telah memberi tahu Man City tentang keinginannya untuk meninggalkan klub musim panas ini.

Barcelona sangat dikaitkan dengan kepindahan Bernardo, namun masalah keuangan klub yang terdokumentasi dengan baik menghalangi Barca untuk mengejar kesepakatan untuk sang playmaker. Bernardo Silva disebut-sebut dibanderol oleh Man City lebih dari 75 juta poundsterling atau sekira Rp 1,4 triliun.

Paris Saint-Germain sejak itu muncul sebagai tujuan potensial bagi pemain Portugal itu, dengan juara Prancis itu mengidentifikasi pemain nomor 20 City itu sebagai kemungkinan pengganti Lionel Messi yang terikat kontrak dengan Inter Miami.

Namun, menurut jurnalis The Athletic, David Ornstein, dikutip Sportsmole, Selasa (20/6/2023), klub-klub di Arab Saudi telah bergabung dalam perburuan tanda tangan Bernardo Silva. Bahkan pembicaraan telah dilakukan dengan agen sang pemain, Jorge Mendes, dan angka-angka finansial telah dibahas.

Ornstein menambahkan bahwa masih belum jelas apakah Bernardo telah menerima tawaran resmi. Akan tetapi harapannya adalah bahwa sang playmaker akan menolak kepindahan ke Timur Tengah dan memilih untuk tetap tinggal di Eropa.

Bernardo baru-baru ini ditanyai tentang masa depannya di Man City dalam sebuah wawancara dengan Eleven Sports. "Saya akan sangat jujur, saya tidak tahu. Kita lihat saja dalam beberapa hari ke depan. Bahkan jika saya tahu, ini bukan waktu yang tepat untuk membicarakannya (di laga internasional)," ujarnya.

Masuknya pemain-pemain top luar negeri ke Timur Tengah sedang berlangsung musim panas ini, dengan kuartet Arab Saudi Al-Ittihad, Al-Ahli, Al-Hilal, dan Al-Nassr yang semuanya dikendalikan oleh Dana Investasi Publik (PIF).

Rekan setim Bernardo di timnas Portugal, Ruben Neves, hampir menyelesaikan kepindahannya senilai 47 juta poundsterling atau sekira Rp 902 miliar dari Wolverhampton Wanderers ke Al-Hilal, dan diketahui telah menyelesaikan tes medis.

Gelandang Real Betis dan Portugal, William Carvalho, dilaporkan hampir menyelesaikan kesepakatan untuk bergabung dengan Al-Nassr, yang merekrut rekan senegaranya dan peraih lima kali Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo, pada bulan Januari 2023 lalu, setelah keluar dari Manchester United.

Sementara itu, juara Liga Pro Saudi, Al-Ittihad, telah menyelesaikan penandatanganan kapten Real Madrid, Karim Benzema, dan juga hampir mendapatkan pemain asal Prancis, N'Golo Kante, dari Chelsea, yang sedang dalam pembicaraan untuk menjual Edouard Mendy, Hakim Ziyech, dan Kalidou Koulibaly ke Al-Ahli, Al-Nassr, dan Al-Hilal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement