Kamis 22 Jun 2023 12:51 WIB

Ini Wasit Liga 1 dan Liga 2 Terpilih, Erick Thohir: Jaga Integritas dan Jangan Mau Diinter

Para wasit akan disejahterakan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir berpesan kepada para wasit Liga 1 dan Liga 2 musim 2023/2024 yang terpilih dari hasil seleksi untuk menjaga integritas dan menolak intervensi. Menurut Erick, di tengah upaya PSSI menciptakan pertandingan sepakbola yang bersih, bebas mafia wasit, dan anti match fixing, para pengadil harus menjadi bagian penting dari ekosistem ini.

"Hari ini kita sudah mendapatkan wasit-wasit hasil seleksi ketat yang melibatkan pengawas dari JFA. Saya berharap 18 wasit di Liga 1 dan 24 wasit di Liga 2 yang dinyatakan lolos, mampu menjaga amanah yang diberikan, mau menjadi bagian dari yang sama-sama kita inginkan, siap menjalani sumpah, dan berkomitmen penuh agar sepakbola kita dihargai," ujar Erick Thohir di Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga

Ia juga menambahkan dengan terseleksinya wasit-wasit terbaik ini secara langsung akan meningkatkan kesejahteraan karena penugasan selama satu musim kompetisi akan bertambah. Kini dengan wasit yang lebih selektif, selama kompetisi seorang wasit Liga 1 akan memimpin pertandingan sebanyak 17 kali, sementara wasit Liga 2 akan meniup peluit untuk 15 pertandingan. Peningkatan kesejahteraan juga akan dinikmati 36 asisten wasit Liga 1 dan 48 asisten di Liga 2.

"Dengan sering meniup, maka pendapatan akan bertambah dan otomatis kesejahteraan naik sehingga akan sulit diintervensi. Selain ini, kami juga memperhatikan hal-hal lain, seperti BPJS Ketenagakerjaan demi jaminan kesehatan  dan rasa aman saat bertugas. Wasit akan kita jaga dan diperhatikan karena ini penting untuk mengurangi polemik yang terjadi di masa lalu," lanjutnya.

Dalam melakukan seleksi wasit nasional ini, PSSI mendapat bantuan dari Japan Football Association yang mengirimkan Yoshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Amateur Referees Manager) yang bertindak sebagai instruktur dan pengawas.

Seleksi wasit dan asisten wasit di tahun 2023/2024 melalui tiga tahap tes, yakni Fitness Test FIFA Kategori 2, Video Test, LOTG Tes.

Seleksi yang digelar tanggal 15-16 Juni 2023 diikuti 161 wasit dan 2 asisten wasit FIFA, dan 1 wasit AFC Elite Referee. Sebanyak 55 wasit liga 1 2022/2023 yang ikut serta dalam tes, terdapat 27 wasit yang lulus tes ditambah 1 wasit AFC Elite Referee. Terdapat 18 wasit peringkat teratas memenuhi kuota liga 1, dan yang menempati peringkat 15-24 akan mengisi kuota liga 2. 

Sementara 107 wasit liga 2 yang ikut serta dalam tes, terdapat 54 wasit yang lolos tes.  Peringkat 1-14 akan menempati kuota kursi liga 2 2023/2024.

 

Daftar Wasit Liga 1 Yang Lolos Seleksi:

 

Nama Asal Usia

 

THORIQ M ALKATIRI BANDUNG 34

YUDI NURCAHYA BANDUNG 36 

CHOIRUDIN BANTUL 37 

NAUFAL ADYA FAIRUSKI BANDUNG 23 

ZETMAN PANGARIBUAN JAKARTA PUSAT 34 

ARMYN DWI SURYATHIN LUBUKLINGGAU 36 

HERU CAHYONO JAKARTA SELATAN 43 

ABDUL AZIZ CIAMIS 38 

BANGKIT SANJAYA LAMPUNG TIMUR 29 

NENDI ROHAENDI BANDUNG 40

AGUS FAUZAN ARIFIN SLEMAN 35

AIDIL AZMI BANDA ACEH 33 

GEDION DAPAHERANG JAKARTA TIMUR 41 

GINANJAR RAHMAN LATIEF KAB. BANDUNG 39

M ERFAN EFENDI SURABAYA 34 

ASEP YANDIS KARAWANG 39

RYAN NANDA SAPUTRA BANDUNG 26

RIO PUTRA PERMANA PEKAN BARU 34

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement