Kamis 22 Jun 2023 12:59 WIB

Upaya Barcelona Rekrut Calon Pengganti Busquets Terganjal Besaran Nilai Transfer

Banderol Zubimendi menjadi salah satu pertimbangan terbesar manajemen Blaugrana.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Real Sociedad, Martin Zubimendi, yang kini diincar Barcelona.
Foto: EPA-EFE/Javier Etxezarreta
Gelandang Real Sociedad, Martin Zubimendi, yang kini diincar Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lini tengah Barcelona sudah dipastikan tidak akan diperkuat Sergio Busquets pada musim depan. Gelandang bertahan berusia 34 tahun itu resmi menyudahi kiprahnya di tim utama Blaugrana, yang terentang sejak 2008, begitu kontraknya habis pada akhir bulan ini.

Blaugrana pun disibukkan dengan pencarian gelandang bertahan tengah anyar sebagai pengganti Busquets, yang telah mencatatkan 722 penampilan bersama tim utama Blaugrana selama 15 musim. Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, dikabarkan sudah memiliki kandidat utama sebagai pengganti Busquets.

Baca Juga

Adalah gelandang bertahan Real Sociedad, Martin Zubimendi, yang menjadi pilihan Xavi. Mantan kapten sekaligus gelandang Barcelona itu dilaporkan terkesan dengan performa Zubimendi pada sepanjang musim ini. Di pentas La Liga Spanyol musim ini, Zubimendi tercatat hanya dua kali absen.

Keberhasilan Real Sociedad merengkuh titel Copa del Rey pada musim 2019/2020 menjadi prestasi teranyar Zubimendi. Tidak hanya soal penampilan, Zubimendi juga dinilai masih memiliki potensi yang cukup besar untuk bisa meningkatkan kemampuannya karena baru berusia 24 tahun.

Kendati begitu, keinginan Xavi untuk bisa melihat Zubimendi di lini tengah Blaugrana agaknya masih sulit terwujud. Meski Xavi sudah mengungkapkan harapan soal kehadiran Zubimendi, manajemen Barcelona masih belum berani mengambil langkah konkret untuk menggaet alumni tim junior Real Soceidad tersebut. Banderol nilai transfer, termasuk nilai klausa pelepasan, Zubimendi menjadi salah satu pertimbangan terbesar manajemen Blaugrana.

''Zubimendi masih memiliki sisa kontrak selama empat tahun bersama Real Sociedad. Di kontrak teranyarnya, Zubimendi memiliki nilai klausa pelepasan hingga mencapai 60 juta euro,'' tulis laporan Sport seperti dilansir Sport Mole, Kamis (22/6/2023).

Sport juga melaporkan, Deco, yang digadang-gadang bakal menjadi Direktur Olahraga Barcelona, memiliki perbedaan pendapat dengan Xavi soal rencana perekrutan Zubimendi. Kabarnya, Deco menilai, banderol transfer Zubimendi terlalu mahal untuk pemain yang belum berpengalaman.

Alhasil, Deco menawarkan sederet nama gelandang bertahan, yang dinilai memiliki nilai transfer lebih murah, tapi memiliki lebih banyak pengalaman dibanding Zubimendi. Joao Palhinha, Guido Rodriguez, hingga Sofyan Amrabat disebut-sebut menjadi sederet nama pemain yang direkomendasikan oleh Deco.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement