Jumat 23 Jun 2023 23:38 WIB

Piala Dunia Antarklub FIFA Format Baru Digelar di AS pada 2025

FIFA juga mengumumkan Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-17.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengumumkan Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-17.
Foto: AP
Presiden FIFA Gianni Infantino mengumumkan Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-17.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Edisi pertama Piala Dunia Antarklub FIFA yang terdiri atas 32 tim akan digelar di Amerika Serikat pada 2025, demikian pernyataan badan sepak bola dunia itu pada Jumat (23/6/2023). FIFA telah mengonfirmasi pada Maret bahwa Piala Dunia Antarklub yang telah diubah akan dimainkan setiap empat tahun sekali mulai Juni 2025. 

Dewan FIFA dengan suara bulat menunjuk Amerika Serikat sebagai tuan rumah kompetisi untuk edisi pertama dari format yang diperluas.

Baca Juga

Amerika Serikat juga akan menjadi tuan rumah Copa America 2024, sementara mereka juga akan menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026 bersama Meksiko dan Kanada.

"Piala Dunia Antarklub FIFA 2025 akan menjadi puncak dari sepak bola klub pria profesional elit," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Dengan infrastruktur yang dibutuhkan serta minat lokal yang sangat besar, Amerika Serikat adalah tuan rumah yang ideal untuk memulai turnamen global yang baru ini."

Juara konfederasi dari 2021-2024 akan memenuhi syarat untuk bermain di Piala Dunia Antarklub yang baru, yang berarti Chelsea, Real Madrid, dan juara Liga Champions musim lalu, Manchester City, telah memenuhi syarat dari Eropa.

Versi Piala Dunia Antarklub FIFA saat ini - kompetisi tahunan dengan tujuh tim - akan dihentikan setelah 2023.

FIFA mengatakan bahwa mereka juga telah setuju untuk menunda peluncuran proses penawaran untuk Piala Dunia 2030 untuk "konsultasi tambahan dengan semua pemangku kepentingan utama.

"Peraturan penawaran yang relevan akan dipresentasikan untuk disetujui pada pertemuan Dewan FIFA berikutnya, yang akan berlangsung pada bulan September/Oktober 2023, dengan proses penawaran yang akan diluncurkan secara resmi setelahnya," katanya.

"Penunjukan tuan rumah yang diharapkan oleh Kongres FIFA juga akan bergeser dari Q3 2024 ke Q4 2024."

Kongres FIFA akan berlangsung di Bangkok, Thailand pada 17 Mei 2024.

FIFA juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 akhir tahun ini, tiga bulan setelah negara Asia Tenggara ini dicopot dari Piala Dunia U-20, yang saat itu diselenggarakan di Argentina.

Indonesia mendapatkan hak untuk menyelenggarakan turnamen pada 10 November hingga 2 Desember setelah Peru dicabut haknya karena gagal memenuhi komitmen infrastruktur.

Dewan FIFA juga menunjuk Kolombia sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia wanita U-20 pada 2024 sementara Republik Dominika akan menjadi tuan rumah Piala Dunia wanita U-17 pada tahun yang sama.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement