Ahad 25 Jun 2023 07:41 WIB

Satria Muda Pertamina Siap Meledak di Babak Playoff IBL Tokopedia 2023

Satria Muda akan menghadapi Bali United pada babak pertama playoff IBL 2023.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Satria Muda Pertamina Youbel Sondakh
Foto: IBL/Hari Purwanto
Pelatih Satria Muda Pertamina Youbel Sondakh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satria Muda Pertamina tampil apik dalam tujuh seri awal regular season IBL Tokopedia 2023 dengan hanya menelan satu kekalahan dari 26 laga. Namun tim juara bertahan ini kemudian limbung di Seri 8 yang berlangsung di kandang sendiri Britama Arena, Kelapa Gading Jakarta. 

Dalam empat laga yang dimainkan di hadapan pendukung sendiri tim besutan Youbel Sondakh ini menderita dua kekalahan. Pertama takluk dari Prawira Harum Bandung 50-57 pada 18 Juni lalu. Kedua dalam laga penutup musim reguler semalam, di mana Arki Dikania Wisnu dkk harus mengakui keunggulan Pelita Jaya Bakrie 75-84.

Baca Juga

Hasil ini membuat Satria Muda tergusur dari puncak klasemen akhir, digeser oleh Prawira Bandung. Itu artinya tak ada duel Satria Muda versus Pelita Jaya lagi di Final IBL musim ini. Padahal dalam tiga musim terakhir dua tim kuat Jakarta inilah yang selalu bentrok di laga puncak.

Menanggapi kekalahan melawan Pelita Jaya, sang juru taktik Youbel Sondakh mengaku akan melakukan evaluasi besar-besaran. Ia menjanjikan timnya akan "meledak" di babak playoff yang akan digelar mulai 30 Juni. Satria Muda akan melawan Bali United di babak playoff, dimana gim pertama akan digelar pada 6 Juli 2023.

"Bersyukur dapat lewati gim tadi, bagus buat semua, kita akan review buat playoff. Banyak yang kita siapkan, komit untuk playoff, pastikan kita ke peforma yang baik semua lini, kesehatan mental, sepekan kedepan kita akan siapkan. Semoga meledak saat playoff nanti," ujar Youbel.

Akurasi tembakan tiga angka yang buruk menjadi salah satu faktor dua kekalahan Satrua Muda di seri pamungkas ini. Saat melawan Prawira, hanya 2 dari 23 percobaan yang masuk atau persentase akurasi sebesar 8 persen. Saat lawan Pelita Jaya, hanya 3 dari 19 upaya tripoin yang melesak mulus, atau hanya 19 persen. Bandingkan dengan Pelita Jaya yang membukukan 12 tripoin dari 30 upaya atau 40 persen.

Youbel mengakui buruknya akurasi tripoin para penggawa nya. "Tripoin kita buruk, berharap konfiden jangan tambah turun, ini juga yang jadi evaluasi untuk babak playoff nanti. Nanti tak ada lagi SM tripoin bapuk, jujur kita di seri ini kemenangan untuk menang kurang tinggi."

Melawan Bali United di babak playoff, Youbel menyebut laga pasti akan berlangsung seru. Ia menilai Bali United tim kuat. Selain diperkuat bigman Dior Lowhorn, Bali United juga memiliki banyak shooter. Ia memperkirakan duel kedua tim ini akan menjadi gim menarik buat penonton. 

Kapten Satria Muda Arki Wisnu menilai laga melawan Pelita Jaya sebagai gim bagus untuk timnya. "Kami seharusnya akan bertemu mereka lagi di playoff. Kami bisa balas dan fokus. Saya lebih pilih kalah sekarang. Ini buat kami bisa belajar dan melihat apa yang bisa kami perbaiki untuk playoff, jadi tidak masalah. Selalu ada hal bagus dari kekalahan," katanya.

Arki menilai setiap tim yang lolos ke playoff layak mendapatkannya. "Mereka berjuang untuk itu, memperbaiki pemain asing dan chemistry mereka," ujar Arki yang merasa persaingan semakin kompetitif musim ini.

Playoff babak pertama IBL Tokopedia 2023

Prawira Harum Bandung vs Bumi Borneo Basketball

Satria Muda Pertamina vs Bali United Basketball

Pelita Jaya Bakrie vs Bima Perkasa Jogja

Dewa United Basketball vs RANS PIK Basketball

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement