Ahad 25 Jun 2023 23:57 WIB

Arteta Puji Kinerja Xavi Hernandez di Barcelona

Xavi mempersembahkan Barcelona gelar La Liga pertama dalam empat tahun.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Xavi Hernandez menjalani musim penuh pertamanya sebagai pelatih Barcelona dengan sangat sukses. Xavi mempersembahkan Barcelona gelar La Liga pertama dalam empat tahun. Xavi juga mengalahkan Real Madrid dalam pertandingan Piala Super Spanyol.

Xavi adalah sosok terbaru yang pernah menjadi pemain sekaligus pelatih Barcelona. Sebelumnya ada Pep Guardiola yang sukses menjadikan Barcelona mendominasi gelar baik level domestik dan Eropa beberapa tahun lalu. Pelatih Arsenal Mikel Arteta pun mengakui kehebatan Guardiola dan menyebutnya sebagai pelatih terbaik.

Baca Juga

“Dia yang terbaik dalam segala hal. Pengelolaan; meyakinkan kelompok tentang ide Anda; mendapatkan yang terbaik dari mereka; pengambilan keputusan sebelum dan selama pertandingan. Pep adalah seorang jenius,” kata Arteta, dilansir dari football espana, Ahad (25/6/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Arteta meyakini Xavi dapat menjadi penerus Guardiola dengan baik di Barcelona. Menurut Arteta klub telah mengambil keputusan yang tepat dengan membawa Xavi kembali ke Camp Nou.

“Hanya mengetahui karakternya dan apa yang dia rasakan tentang permainan, jelas bahwa Barca membutuhkan sosok seperti dia. Dia mampu menahan tekanan dan setia pada idenya dengan selalu membela klub dan para pemain. Tim ini sangat andal sepanjang tahun,” ujarnya.

Xavi terus membangun kembali Barcelona agar kembali menjadi tim yang berjaya tidak hanya di level domesik tetapi juga Eropa seperti yang dilakukan Guardiola. Maka dari itu, Xavi akan bergerilya pemain baru pada musim panas ini jelang musim baru bergulir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement