Senin 03 Jul 2023 14:01 WIB

Declan Rice Sudah Dirayu Langsung Oleh Arteta saat Masih Jadi Kapten West Ham Januari Lalu

Pertemuan Arteta dengan Rice diduga ilegal.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten West Ham United Declan Rice mengangkat trofi UEFA Conference League.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Kapten West Ham United Declan Rice mengangkat trofi UEFA Conference League.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Declan Rice terkejut dengan Mikel Arteta dan rencananya untuk masa depan setelah mengadakan pertemuan pribadi dengan manajer Arsenal pada bulan Januari 2023. The Gunners semakin dekat dengan rekrutan kedua mereka di musim panas ini setelah kedatangan Kai Havertz dari Chelsea. 

Pemain berusia 24 tahun itu akan bergabung dari West Ham United dengan biaya yang menjadi rekor klub sebesar 105 juta poundsterling atau sekira Rp 2 triliun dan akan mendapatkan 240 ribu poundsterling atau sekira Rp 4,5 miliar per pekan selama berada di Emirates Stadium.

Baca Juga

Namun, ini adalah sebuah langkah yang telah diperdebatkan selama beberapa waktu. Menurut The Sunday Times, Rice telah bertemu dengan Arteta pada awal tahun ini dan terpukau dengan kemampuannya serta rencananya untuk meningkatkan permainan sang gelandang. Laporan tersebut juga mengeklaim bahwa Arsenal telah menyadari bahwa Rice adalah seorang 'pembelajar yang cepat' dan dapat berkembang dengan cepat.

Arsenal berhasil mengalahkan Manchester City untuk mendapatkan tanda tangan Rice setelah saga yang telah berlangsung lama berakhir ketika The Gunners mengajukan penawaran ketiga di wilayah 105 juta poundsterling atau sekira Rp 2 triliun- yang akan membuatnya menjadi pemain Liga Premier Inggris termahal yang pernah ada. Tim asuhan Pep Guardiola mengajukan tawaran senilai 90 juta poundsterling atau sekira Rp 1,7 triliun, namun menarik diri dari perlombaan untuk meninggalkan Arsenal dengan peluang besar untuk menyelesaikan perekrutan musim panas dengan dana besar.

Emile Smith Rowe ditanyai tentang perekrutan Rice saat ia sedang menjalani tugas internasional bersama tim U-21 Inggris di Kejuaraan Eropa. "Saya tidak bisa memuji dia," katanya dalam sebuah wawancara dengan The Sun. "Saya ingat kamp pertama saya dan saya terkejut dengan betapa bagusnya dia. Dia adalah yang terbaik dalam latihan. Levelnya, intensitasnya, secara teknis, semua yang dia lakukan. Seorang pemimpin sejati dan masih sangat muda. Dia benar-benar sangat bagus."

Sementara itu, Jurrien Timber juga semakin dekat dengan kepindahan senilai 45 juta poundsterling atau sekira Rp 856 miliar dari Ajax saat Arteta mencoba untuk memperkuat lini pertahanan dan menambah opsi tambahan di departemen tersebut. Romeo Lavia juga telah dikaitkan dengan kepindahan dari Southampton saat pasukan Arteta ingin menambah satu gelandang lagi ke dalam barisan mereka.

Arsenal akan menghadapi tim asal Jerman, Nurnburg, dalam pertandingan persahabatan pra-musim pertama mereka di musim panas pada hari Kamis, 13 Juli, sebelum menjamu MLS All-Stars, Manchester United, Barcelona, dan Monaco dalam empat pertandingan persahabatan yang tersisa.

The Gunners akan menghadapi Man City di Community Shield di Wembley pada 13 Agustus - enam hari sebelum dimulainya musim Premier League - di mana mereka akan memulai dengan pertandingan kandang melawan Nottingham Forest.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement