Senin 03 Jul 2023 21:28 WIB

Comeback, Dewa United Singkirkan RANS PIK untuk Lolos ke Final Four IBL

Dewa United yang kalah pada gim pertama meraih skor 2-1 atas RANS PIK.

Rep: mgrol147/ Red: Israr Itah
Pebasket Rans PIK Basketball Club Akeem W Scott (tengah) berusaha melewati dua pebasket Dewa United Banten Kevin Moses Eliazer Poetiray (kanan) dan Xaverius Prawiro. Dewa UNited mengalahkan RANS 2-1.
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Pebasket Rans PIK Basketball Club Akeem W Scott (tengah) berusaha melewati dua pebasket Dewa United Banten Kevin Moses Eliazer Poetiray (kanan) dan Xaverius Prawiro. Dewa UNited mengalahkan RANS 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dewa United Banten mengakhiri kebangkitannya di playoff IBL 2023 dengan manis. Sempat takluk dari RANS PIK Basketball pada gim pertama dengan format playoff the best of three, tim berjuluk Anak Dewa berhasil mengambil gim kedua. Pada gim ketiga sekaligus penentu, Dewa United kembali meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. Kevin Moses dkk menang 76-62 atas RANS, di Sritex Arena, Senin (3/7) malam.

Dewa United membuat start gemilang dengan unggul 18-4 pada kuarter pertama. Namun, perolehan poin mereka macet pada kuarter kedua. Sederet turn over membuat RANS PIK mendekat hanya tertinggal tiga angka dengan skor 28-31.

Baca Juga

Namun, Santiago Rimoldi tak mau timnya tersusul begitu saja. Selepas jeda, Dewa United mengamuk. Permainan menawan ditunjukkan pemain sing Dewa United Yeison Colome. Tusukannya tak terbendung. Andai berhasil dikepung, Colome bisa mengoper bola ke rekan yang berdiri bebas dan kemudian memasukkan tembakan karena tak dijaga.

Colome memasukkan tujuh poin dari total 20 poin Dewa United di kuarter ketiga. Dewa United memasukkan enam tembakan tiga angka dari sembilan percobaan, yang membuat mereka kembali menjauh 51-39 pada akhir kuarter ketiga.

Memasuki kuarter keempat, RANS bermain lebih agresif. Kali ini Kevibs Moses dkk sudah mengantisipasinya. Dewa United bahkan menjauh dengan keunggulan 17 poin (42-59) pada sisa delapan menit. RANS dalam posisi sulit karena sudah ada tiga pemain foul-trouble, yakni Agus Salim, Althof Satrio, dan Valentino Wuwungan. Sehingga, tidak ada yang berani melakukan defense ketat untuk center Dewa United Anthony Johnson. 

Dewa United akhirnya bisa mengunci kemenangan ini, berkat performa menawan Yeison Colome dengan torehan 22 poin. Kevin Moses Eliazer menyumbang 13 poin pada laga ini. 

"Kunci kemenangan hari ini adalah fokus pada game plan yang sudah dibuat pelatih. Karena RANS juga tim bagus, salah sedikit saja bisa dimanfaatkan oleh mereka. Kami bersyukur akhirnya bisa kembali ke semifinal," kata Kevin. 

Dewa United pernah lolos ke semifinal pada musim 2021. Mereka kalah pada babak pertama playoff musim 2022. Kini, Dewa United berhasil kembali ke semifinal dan menunggu hasil pertandingan antara Bumi Borneo Basketball Pontianak melawan Prawira Harum Bandung. Sebaliknya, RANS dua kali masuk playoff (2022 dan 2023), tapi semuanya gugur di putaran pertama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement