Kamis 06 Jul 2023 20:38 WIB

Saat Gol Tendangan Bebas Ronaldo jadi Inspirasi Mason Mount

Mason Mount berusaha meniru tendangan bebas Ronaldo.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Manchester United (MU) resmi memperkenalkan Mason Mount sebagai pemain baru.
Foto: Twitter Manchester United
Manchester United (MU) resmi memperkenalkan Mason Mount sebagai pemain baru.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mason Mount telah resmi diperkenalkan sebagai penggawa anyar Manchester United (MU). Gelandang asal Inggris itu akan mengenakan nomor punggung tujuh, yang pernah dikenakan oleh sejumlah pemain legendaris Setan Merah, seperti David Beckham dan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo ternyata menjadi salah satu sosok penting dalam perjalanan Mount menapati karier sebagai pesepakbola profesional. Gelandang berusia 24 tahun mengakui terinspirasi, mempelajari, dan berusaha meniru teknik tendangan bebas bintang asal Portugal tersebut. 

Baca Juga

TUmbuh sebagai fans Portsmouth, Mount masih ingat betul momen pertama kali melihat teknik tendangan bebas Ronaldo secara langsung, tepatnya saat Portsmouth melakoni laga tandang ke Stadion Old Trafford pada Januari 2008. Di laga tersebut, United sukses membungkam The Pompey, julukan Portsmouth, 2-0.

Salah satu gol United itu disumbang Ronaldo via tendangan bebas dengan menggunakan teknik andalannya, knuckleball. ''Saat itu, saya mungkin berusia sekitar 10 tahun. Saya berada di tribun tim lawan, The Pompey, dan bisa menyaksikan momen spesial itu. Momen itu benar-benar menginspirasi saya. Saya berharap bisa mereplikasinya sekarang,'' kata Mount seperti dilansir laman resmi United, Kamis (6/7/2023).

Mount tidak mengalami kesulitan untuk meniru teknik Ronaldo tersebut. Mount langsung mempraktekan teknik itu di sesi latihan bersama tim junior Chelsea. Hasilnya, bola sepakan Mount melewati pagar betis dan bersarang di pojok kanan atas gawang.

Aksi Mount yang saat itu masih berusia 10 tahun dan tergabung dalam akademi sepak bola Chelsea itu ternyata terekam kamera video. Hasil rekaman tersebut sempat beredar di dunia maya, termasuk via unggahan di akun resmi ESPN UK. Video itu juga dilengkapi dengan pergakuan Mount kecil soal usaha meniru teknik tendangan bebas Ronaldo.

''Saya rasa, video itu diambil sehari setelah saya menyaksikan pertandingan di Old Trafford tersebut,'' kata Mount, yang akhirnya memutuskan hengkang dari Chelsea setelah 18 tahun berada di klub asal London Barat tersebut.

Mount ternyata terus mengasah kemampuannya dalam mencetak gol via tendangan bebas. Pengoleksi 36 caps buat Timnas Inggris itu pun menjadi satu dari 13 pemain di pentas Liga Primer Inggris musim lalu, yang mampu mencetak gol lewat eksekusi tendangan bebas.

Mount mencetak gol tersebut saat Chelsea membungkam Aston Villa, 2-0, pada paruh pertama musim lalu. Total, selama kariernya hingga saat ini, termasuk saat melakoni masa peminjaman di Derby County dan Vitesse Arnheim, enam gol dari tendangan bebas. Bukan tidak mungkin, catatan gol ini bakal bertambah saat Mount mengenakan seragam United pada musim depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement