Ahad 09 Jul 2023 21:09 WIB

Imbang Lagi, Persija Masih Belum Torehkan Kemenangan di Liga 1 2023/2024

Persija dua kali imbang dalam dua laga awal musim.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persikabo 1973 bermain imbang tanpa gol melawan Persija Jakarta pada pekan ke-2 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada Ahad (9/7/2023) malam WIB. Kedua tim masih belum berhasil mengamankan poin penuh dan harus berbagi angka di pekan kedua musim ini.

Persikabo memberikan inisiatif sersngan di menit-menit awal. Tendangan bebas dimiliki tim tuan rumah kurang dari satu menit sejak pertandingan berlangsung. Tendangan bebas sempat menimbulkan kemelut tapi mampi disapu keluar oleh Rio Fahmi.

Baca Juga

Peluang emas kembali dimiliki Persikabo di menit ke-3 saat Varela menerobos masuk dari sisi kiri serangan. Ia menusuk ke area kotak penalti sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi Ferarri mampu memblokir percobaan dari Varela dengan tepat waktu sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Persija baru memiliki peluang di menit ke-8. Itu tercipya dari serangan balik setelah hampir tujuh menit mendapat tekanan dari tim tuan rumah. Rio Fahmi melepaskan umpan ke tiang jauh dari sisi kanan serangan, tapi Syahrul Trisna meninggalkan posisinya untuk memblokir umpan tersebut.

Frengky melepaskan tembakan tepat sasaean pertama bagi Persikabo setelah melakukan penetrasi di menit ke-10. Setalah memberikan penetrasi dan melewati beberapa pemain belakang Persija, Frengky mampu melepaskan tembakan tapi masih bisa diamankan oleh Andritany.

Peluang bagi Persija kembali tercipta di menit ke-18 saat Macan Kemayoran mendapatkan tendangan sudut. Umpan berhasil disambut Marko Simic, namun tandukan pemain Kroasia itu masih belum mengarah ke gawang. 

Peluang terbaik dimiliki Riko Simanjuntak di menit ke-30 saat ia menerima umpan tarik dari Rio Fahmi yang menerobos kotak penalti dari sisi kanan. Namun tendangan Riko yanh tanpa pengawalan dari pemain Persikabo masih belum mengarah ke gawang Syahrul Trisna. 

Di babak kedua, peluang dimiliki Persikabo setelah pelanggaran tak jauh dari kotak penalti. Pedrinho mengeksekusi tendangan bebas tersebut, namun ia gagal mengangkat bola melewati pagar hidup Persija. Bola kemudian dibuang keluar area pertahanan. 

Persikabo masih terus menekan hingga garis pertahanan terakhir Persija. Tapi Macan Kemayoran bertahan dengan baik untuk menghalau setiap ancaman yang diberikan. Di sisi lain, Persija juga mampu menciptakan peluang saat Riko melepaskan tendangan placing ke tiang jauh di menit ke-59 namunmasih meleset.

 

Di samping itu, Thomas Doll menarik keluar dua pemain asing Persija, Ryo Matsumura dan Marko Simic yang digantikan oleh Witan Sulaeman dan Aji Kusuma. Persija tampak lebih banyak menguasai bola dan bermain lebih keluar untuk memberikan tekanan ke area pertahanan Persikabo. 

Riko kembali memiliki peluang saat menekan dari sisi kanan kotak penalti. Tapi umpan silangnya gagal disambut oleh pemain Persija. Bola hanya melintas di mulut gawang Persikabo.

Persija terus menekan, hingga peluang emas tercipta di menit ke-76. Itu tercipta saat Firza menusuk dari sisi kiri kotak penalti dan melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Bola berhasil ditanduk Aji tapi itu masih membentur mistar gawang Persikabo. 

Peluang terbaik dimiliki Persikabo dari serangan balik di menit ke-84, Varela memimpin serangan dan mengumpan kepada Rafael, namun Rafa kehilangan momentum setelah sentuhan pertamanya yang salah, ia menarik kembali kepada Roni namun tendangannya melebar di sisi kanan.

Semenit kemudian Rizky Ridho melepaskan tendangan bebas langsung ke arah gawang. Namun itu masih mengarah tepat ke kiper dan berhasil ditinju keluar area pertahanan oleh Syahrul Trisna. Persija bermain dengan intensitas lebih tinggi di menit-menit akhir. Tapi tidak ada gol tercipta setelah tambahan waktu tiga menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement