Senin 10 Jul 2023 06:58 WIB

Mantan Pesepak Bola Barcelona Luis Suarez Meninggal Dunia

Mantan pemain Barca dan Inter Milan, Luis Suarez, meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Luis Suarez Miramontes alias Luisito meninggal dunia.
Foto: Marca.
Luis Suarez Miramontes alias Luisito meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pemain Barcelona dan Inter Milan, Luis Suarez, meninggal dunia pada usia 88 tahun. Pria asal Spanyol yang bernama asli Luis Suarez Miramontes itu bergabung dengan Barca pada 1955, dan menjadi satu-satunya pemain dari negara itu yang meraih Ballon d'Or setelah membawa timnya juara liga dan Piala Spanyol pada 1959.

"Luis Suarez Miramontes meninggal dunia pada Ahad (9/7/2023) di Milan pada usia 88 tahun," tulis Barcelona dalam sebuah pernyataan resmi yang dikutip AFP, Senin (10/7/2023).

Baca Juga

Pemain yang lebih dikenal dengan sebutan 'Luisito' itu dianggap oleh semua orang sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Spanyol. Ia sekaligus menjadi kunci kesuksesan Barcelona di pertengahan kedua 1950-an.

Suarez telah 32 kali bermain untuk timnas Spanyol dan masuk dalam bagian tim yang memenangkan Piala Eropa (Euro) pada 1964.

Suarez kemudian bergabung dengan Inter Milan pada 1961. Bersama klub Italia itu, ia memenangkan tiga trofi Serie A Liga Italia, dua Piala Eropa, dan dua Piala Interkontinental selama sembilan tahun di sana.

"Mengucapkan selamat tinggal kepada Luisito meninggalkan kesedihan mendalam bagi kita, mengingat sepak bola yang sempurna dan tidak tertandingi, yang menginspirasi generasi masa depan, ditambah dengan kenangan yang menunjukkan dia adalah pesepak bola unik dan pemain Inter yang hebat," demikian pernyataan Inter Milan. "Kami akan merindukanmu, sebagaimana kata mantan pelatih Inter, 'bila kau tidak tahu mau melakukan apa, berikan bolanya ke Suarez'."

Setelah pensiun pada 1973, Suarez melatih Inter Milan, Deportivo La Coruna, Cagliari, dan SPAL. Ia juga pernah melatih timnas Spanyol antara tahun 1988 sampai 1991 dan membawa skuad Matador lolos fase grup pada Piala Dunia 1990.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement