Selasa 11 Jul 2023 18:43 WIB

LOC Perkenalkan Cinta Laura Sebagai Local Ambassador Kedua FIBA World Cup 2023 Indonesia

Cinta akan bertugas mensosialisasikan event FIBA Basketball World Cup 2023.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Cinta Laura dinobatkan jadi local ambassador FIBA Basketball World Cup 2023 Indonesia.
Foto: Antara
Cinta Laura dinobatkan jadi local ambassador FIBA Basketball World Cup 2023 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Pelaksana (LOC) FIBA Basketball World Cup 2023 Indonesia memperkenalkan local ambassador kedua untuk event bola basket terbesar dunia tersebut di Jakarta pada Selasa (11/7/2022) atau 45 hari menjelang tip-off kejuaraan. Sosok tersebut adalah Cinta Laura Kiehl, aktris berdarah Jerman-Indonesia yang lahir di Quakenbruck, Jerman pada 17 Agustus 1993.

Cinta bersama-sama Raffi Ahmad, local ambassador pertama yang sudah diangkat sejak tahun lalu, akan bertugas mensosialisasikan event FIBA Basketball World Cup 2023 dalam masa persiapan dan ketika event berlangsung mulai 25 Agustus mendatang.

Baca Juga

Perwakilan FIBA untuk Indonesia Cahyadi Wanda mengatakan, Cinta terpilih karena memiliki kriteria yang sejalan dengan panduan FIBA. Cinta adalah sosok perempuan yang mewakili dan punya pengaruh besar kepada generasi muda Indonesia. Artis usia 29 tahun itu dikenal sebagai sosok yang menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, Cinta juga sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan yang merupakan salah satu misi FIBA dalam penyelenggaraan event-event besar.  

"Kita tahu di FIBA World Cup 2023 ini FIBA punya sustainibility program yang harus dijalankan oleh negara tuan rumah. FIBA selalu ingin meninggalkan warisan dalam setiap event besar yang digelar dan Cinta figur yang sangat tepat untuk mengampanyekan soal pelestarian lingkungan ini," ujar Cahyadi, Selasa (11/7/2023). "Indonesia mungkin belum melihat sustainibility sebagai isu besar, tapi ini bisa menjadi awal, sudah saatnya olahraga memperhatikan pelestarian lingkungan. Cinta yang terlihat dalam kegiatan itu tentu memiliki pengalaman banyak, dan kita bisa belajar dari dia."  

Pengaruh besar Cinta kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, diharapkan Cahyadi menarik minat kalangan yang sebelumnya kurang begitu tertarik kepada bola basket untuk ikut serta berpartisipasi menyukseskan FIBA World Cup 2023.

Cinta mengaku sangat senang bisa menjadi bagian FIBA World Cup 2023. Walau bukan atlet basket, ia mengaku punya hasrat yang besar terhadap olahraga ini karena rutin memainkannya saat SD hingga SMA.

Cinta senang bisa melihat venue megah Indonesia Arena, tempat para pebasket dunia akan unjuk kekuatan mulai 25 Agustus 2023 nanti. "Semoga dengan adanya FIBA World Cup ini akan memotivasi atlet kita ke depannya agar suatu hari nanti bisa bertanding di FIBA World Cup," ujar dia.

Terkait program pelestarian lingkungan, Cinta menegaskan hal tersebut sangat penting. Menurut dia, FIBA masuk ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi anak-anak muda tentang substainibility.

"Memang edukasi itu hal terpenting, tanpa pengetahuan tidak akan ada kepedulian, dan tanpa kepedulian tidak akan ada perubahan. Jadi yang bisa saya katakan terima kasih banyak FIBA untuk mengundang saya di event ini," jelas Cinta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement