Jumat 30 Jun 2023 09:39 WIB

Center Timberwolves Rudy Gobert Pimpin Skuad Prancis di FIBA World Cup 2023 Jakarta

Prancis diperkuat empat pemain NBA di FIBA World Cup 2023 Jakarta

Rudy Gobert (kiri) akan memimpin tim bola basket Prancis pada ajang FIBA World Cup 2023 di Jakarta mulai 25 Agustus. Gobert saat ini memperkuat Minnesota Timberwolves di NBA.
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Rudy Gobert (kiri) akan memimpin tim bola basket Prancis pada ajang FIBA World Cup 2023 di Jakarta mulai 25 Agustus. Gobert saat ini memperkuat Minnesota Timberwolves di NBA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Center Minnesota Timberwolves Rudy Gobert akan memimpin tim nasional bola basket Prancis berlaga FIBA World Cup 2023. Prancis yang tergabung di Grup H menghadapi tantangan dari Kanada, Latvia, dan Lebanon di Jakarta pada Agustus nanti.

Gobert (31 tahun) yang baru menyelesaikan musim kesepuluhnya di kompetisi NBA, menjadi andalan pelatih Prancis Vincent Collet. Pelatih berusia 60 tahun ini memilih mempertahankan enam pemain dari tim yang meraih perunggu di FIBA World Cup 2019 dan tujuh pilar yang merebut perak di Olimpiade Tokyo 2020. Collet mengumumkan roster berisi 12 pemain kepada media, Rabu (28/6/2023) malam waktu Paris. 

Baca Juga

Dalam keterangan di laman resmi tim nasional bola basket Prancis, Collet menjelaskan, ia berusaha menghemat waktu dengan langsung mengumumkan 12 pemain final. Padahal, saat ini tim-tim lain masih menunggu hingga mendekati tip-off FIBA World Cup 2023 yang dimulai pada 25 Agustus nanti.

"Ini daftar yang sulit untuk disusun. Kami harus mengatur ulang pada menit-menit terakhir karena kami baru mengetahui bahwa Victor Wembanyama mengundurkan diri," kata Collet.

Tanpa Wembenyama, Prancis tetap mengerikan di paint area. Sebab, Gobert akan mendapatkan dukungan dari dua pemain yang punya jam terbang tinggi di kompetisi EuroLeague. Mereka, yaitu Moustapha Fall (2,18 m/Olympiacos) dan Mathias Lessort (2,06 m/Panathinaïkos). Forward Real Madrid Guershon Yabusele (2,04 m) juga siap menjadi pendukung untuk rotasi.

Point guard senior Nando De Colo kembali ke skuad setelah absen di FIBA Eurobasket 2022, di mana Prancis juga menjadi runner-up. Kehadiran sosok yang pernah membela Toronto Raptors ini memastikan Prancis akan memiliki rotasi bola yang lancar. Nando akan dibantu oleh guard Dallas Maverick, Frank Ntilikina, dan Sylvain Francisco yang membela klub Peristeri di Liga Yunani.

Secara keseluruhan, ada empat pemain NBA dalam skuad Prancis. Tidak ada satu pun pemain yang usianya berada di bawah 25 tahun saat berlaga di Jakarta nanti. Dengan tulang punggung para pemain senior yang masih kompetitif, Prancis mengincar medali yang lebih tinggi dari sekadar perunggu dalam dua edisi World Cup berturut-turut. Namun sebelum itu, Les Bleus harus dapat melewati tantangan dari Kanada, Latvia, dan Lebanon di grup maut FIBA World Cup 2023.

Daftar Skuad Prancis untuk FIBA World Cup 2023 Jakarta

Nando De Colo (Asvel/PRANCIS)

Frank Ntilikina (Dallas Mavericks/AS)

Sylvain Francisco (Peristeri/YUNANI)

Élie Okobo (Monaco/PRANCIS)

Evan Fournier (New York Knicks/AS)

Yakuba Ouattara (Monaco/PRANCIS)

Nicolas Batum (Los Angeles Clippers/AS)

Terry Tarpey (Monaco/PRANCIS)

Guershon Yabusele (Real Madrid/SPANYOL)

Rudy Gobert (Minnesota Timberwolves/AS)

Moustapha Fall (Olympiacos/YUNANI)

Mathias Lessort (Panathinaïkos/YUNANI)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement