Selasa 11 Jul 2023 20:27 WIB

Gelandang MU Van de Beek Diinginkan 11 Klub Eropa

Van de Beek hanya mencatatkan 60 penampilan untuk MU.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Donny van de Beek dari Manchester United
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Donny van de Beek dari Manchester United

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang Manchester United (MU) Donny van de Beek diinginkan 11 klub di tengah ketidakpastian masa depannya di Old Trafford. Pemain internasional Belanda tersebut didatangkan oleh MU pada musim panas 2020. Namun ia gagal memikat para pelatih MU yang datang silih berganti.

Dengan banyaknya klub peminat, maka perpisahan dengan Setan Merah bisa datang lebih cepat. Van de Beek yang hanya mencatatkan 60 penampilan untuk MU bisa mencari klub lain agar bisa bermain secara reguler.

Baca Juga

Menurut 90min, dilansir dari Express, Selasa (11/7/2023), MU terbuka menjual mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut karena ingin mengumpulkan dana. Setelah MU mendatangkan Mason Mount senilai 55 juta Poundsterling (Rp 1 triliun) dari Chelsea, MU masih membutuhkan uang untuk mendatangkan kiper Inter Milan Andre Onana.

Kedatangan Onana sangat mendesak mengingat David de Gea hengkang secara gratis. Selain itu, MU juga ingin mendatangkan striker top dengan Harry Kane dan Rasmus Hojlund sebagai incaran. Maka dari itu, penjualan Van de Beek akan membantu keuangan MU.

Inter Milan, AS Roma, dan AC Milan adalah tim Serie A yang mengincar Van de Beek. Namun mereka tidak menjadikan Van de Beek sebagai prioritas belanja. Celtic terbuka untuk membawa Van de Beek ke Skotlandia, meskipun mereka kemungkinan akan kesulitan untuk membeli pemain tersebut secara permanen.

Di Liga Inggris ada Wolverhampton Wanderers, Nottingham Forest, dan Crystal Palace yang sangat ingin mengamankan tanda tangan Van de Beek. Nice dan Sevilla juga mengawasi situasi sang gelandang.

Mantan klubnya Ajax dan juga Feyenoord sama-sama terbuka untuk membawa Van de Beek kembali ke Belanda setelah tiga tahun pergi. Pemain tim Oranje bukan satu-satunya pemain yang mungkin meninggalkan MU musim panas ini karena Ten Hag ingin memenangkan gelar Liga Primer Inggris musim depan.

Gelandang Scott McTominay dan Fred bisa juga dijual, dengan nama yang terakhir diinginkan oleh Roma dan Fulham. Masa depan Harry Maguire juga tidak pasti. Maguire tidak begitu berguna pada era Ten Hag. Termasuk Jadon Sancho dan Anthony Martial serta Facundo Pellistri dan Anthony Elanga, mungkin akan masuk ke dalam daftar jual. 

Namun terkait Van de Beek Celtic berpeluang mendapatkannya. Pasalnya baru-baru ini terjadi pembicaraan mengenai kemungkinan transfer.

"Dia pergi ke United dan itu tidak berhasil dan dia dipinjamkan ke Everton dan itu juga tidak berhasil. Jadi dia membutuhkan kickstart dan mungkin Celtic adalah tempat itu untuknya," kata pelatih Celtic Neil Lennon.

Menurut Neil, Van de Beek benar-benar menunjukkan bahwa memiliki kualitas. Hanya saja terkadang seorang pemain kehilangan kepercayaan diri. Pemain seperti Van de Beek perlu memulai dari awal dan Celtic mungkin tempat yang tepat.

"Secara realistis, jika Anda berbicara tentang (Scott) McTominay, (Kieran) Tierney atau van de Beek, itu mungkin akan menjadi pinjaman dan Celtic memberikan kontribusi terhadap gaji," ujarnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement