Kamis 13 Jul 2023 12:16 WIB

Momen Ini yang Buat Valentino Rossi Layak Menyandang Status 'Raja Hujan' MotoGP

Balapan di saat hujan pada ajang MotoGP sangatlah sulit.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi (tengah) adu cepat dengan lawan-lawannya saat balapan hujan pada ajang MotoGP di Sirkuit Donington Park, Inggris, Juli 2005 silam.
Foto:

Mengejutkannya adalah pembalap gahar seperti Sete Gibernau, Marco Melandri, Max Biaggi, Nicky Hayden, dan Troy Bayliss terpaksa pamit kembali ke paddock.

Alhasil tak salah ketika menyelesaikan balapan Rossi terlihat bahagia sambil melakukan selebrasi bermain biola di atas kuda besi Yamaha.

"Balapan ini merupakan salah satu balapan terberat selama karier. Kondisi sangat dingin, licin dan sulit untuk melihat keadaan trek. Sepertinya hari ini tidak mengendarai motor, melainkan berperahu," kata Rossi menjelaskan, seperti dikutip pada Kamis (13/7/2023).

Kunci dari keberhasilan the Doctor berdiri di podium pertama saat trek lintasan basah atau hujan adalah bersabar. Ia mengaku menunggu momentum yang tepat untuk menarik pedal gas pun melakukan manuver di tikungan. Itu juga sekaligus menjadi kemenangan ketujuh Rossi di Donington Park.

photo
Valentino Rossi. (EPA/Vincent Jannink)

Menjalani balapan di trek basah tentunya memiliki risiko yang sangat tinggi dan menjadi tantangan besar bagi pembalap. Saat hujan, lintasan akan menjadi licin. Jika pembalap salah melakukan pengereman atau bermanuver di tikungan, maka motor akan mudah tergelincir dan berakhir dengan crash.

Selain trek licin, visibilitas pembalap juga terbatas akibat titik air pada visor helm bakal menghalangi pandangan luas rider. Tentunya, dalam kondisi ini feeling dan ketelitian melakukan gerakan perlu sangat diperhatikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement