Selasa 18 Jul 2023 07:52 WIB

Gundogan Bertekad Raih Trofi Liga Champions Bersama Barcelona

Gundogan percaya Barcelona punya kemampuan menjuarai Liga Champions.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain baru Barcelona Ilkay Gundogan
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Pemain baru Barcelona Ilkay Gundogan

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ilkay Gundogan secara resmi diperkenalkan ke publik Barcelona. Ia sudah menjadi bagian dari Barca sejak akhir bulan lalu.

Ini kesempatan bagi sang gelandang berbicara lantang. Ia merasa masih bisa berkontribusi positif untuk Blaugrana. Kendati usianya bakal menyentuh angka 33 pada Oktober 2023.

Baca Juga

"Meskipun saya sudah lebih tua, saya siap menghadapi tantangan dan masih banyak yang harus saya buktikan," kata Gundogan, dikutip dari BBC, Selasa (18/7/2023).

Perayaan perkenalan eks Manchester City itu berlangsung di fasilitas pelatihan Barcelona. Ia tak sabar untuk segera beraktivitas di bawah arahan Xavi Hernandez.

Sebelumnya, ia bekerja sama dengan Pep Guardiola di City. Gundogan merasakan adanya kemiripan antara Xavi dan Pep. Kemudian gaya permainan juga nyaris serupa.

Nama Barca tetap berada di jajaran elit. Meski sempat tenggelam, kini Blaugrana menunjukkan kebangkitan. Sang gelandang merasakan hal itu.

"Ini tim luar biasa dan kesempatan bagus untuk bermain di liga dan negara yang berbeda. Kami akan mencoba berjuang untuk memenangkan gelar Liga Champions," ujar Gundogan.

Ia merasakan adanya tanggung jawab besar. Sebuah tuntutan normal ketika mengenakan kostum Blaugrana. Ia siap memberikan segalanya di lapangan.

Sebelumnya, total tujuh tahun Gundogan berkostum Man City. Selama periode tersebut ia tampil di 304 pertandingan dari berbagai ajang. Ia mencetak 60 gol dan menyumbang 40 assist. 

Eks Borussia Dortmund ini nyaris mendapatkan segalanya saat bermarkas di Etihad Stadium. Paling sensasional terjadi pada musim lalu. City meraih treble pada musim 2022/23. Gundogan berstatus kapten tim, saat the Sky Blues memenangkan Liga Primer, Piala FA, serta Liga Champions pada tahun yang sama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement