Selasa 18 Jul 2023 08:39 WIB

Arteta Optimistis Declan Rice Bisa Buat Arsenal Jadi Lebih Baik

Arsenal mengeluarkan Rp 1,96 triliun untuk mendapatkan Declan Rice.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain baru Arsenal Declan Rice
Foto: Twitter Arsenal
Pemain baru Arsenal Declan Rice

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta berbicara tentang penggawa anyar timnya Declan Rice. Ia merasa Rice bisa sangat berpengaruh dalam permainan the Gunners nanti dengan ketangguhan fisik dan teknik yang dimilikinya.

Arsenal resmi mendapatkan eks West Ham United itu pada 15 Juli 2023. Demi mengamankan tanda tangan sang gelandang, manajemen the Gunners mengeluarkan biaya transfer 100 juta pounds (Rp 1,96 triliun). Masih ada potensi penambahan lima juta pounds (Rp 98 miliar), di kemudian hari.

Baca Juga

Rice rekrutan ketiga Arsenal pada musim panas ini. Sebelumnya, klub elite London Utara itu sudah mendatangkan Kai Havertz (65 juta pounds/Rp 1,27 triliun) dan Jurrien Timber (34 juta pounds/Rp 666 miliar).

"Saya melihatnya seperti mercusuar. Dia bisa menyoroti sekitarnya, meningkatkan pemain lain, dan membuat tim menjadi lebih baik," kata Arteta seputar kesannya pada Declan Rice, dikutip dari BBC, Selasa (18/7/2023).

Sebelum mengajukan penawaran, pihak Arsenal membahas sepak terjang gelandang 24 tahun itu. Menurut Arteta, Rice bakal membawa rasa lapar akan kemenangan ke dalam tim. Kemudian membawa the Gunners ke level berbeda. Tidak heran jika manajemen getol bergerilya. Sempat terjadi beberapa kali negosiasi hingga akhirnya sang gelandang berhasil didatangkan.

Arteta melihat mantan kapten West Ham ini memiliki aura kebintangan. Meskipun masih relatif muda, Rice sudah cukup berpengalaman. Ditambah lagi, musim lalu, secara fisik Arsenal kekurangan pemain seperti penggawa tim nasional Inggris ini.

"Cara dia berbicara dan menampilkan dirinya. Ambisi yang dia miliki dan gairahanya untuk permainan ini, itulah yang kami butuhkan," ujar juru taktik berkebangsaan Spanyol itu.

Rice langsung bergabung dengan rekan-rekan barunya dalam pramusim. Kini mereka berada di Washington, AS. Arsenal akan menjalani uji coba perdana kontra Major League Soccer (MLS) All Stars. Duel tersebut berlangsung di Audi Field, Kamis (20/7/2023) pagi WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement