Rabu 19 Jul 2023 09:03 WIB

Tak Terasa, Arteta Sudah Belanja Lebih dari Rp 4 Triliun Dalam Sebulan Terakhir

Arteta mempertaruhkan segalanya untuk musim depan bersama Arsenal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer Arsenal Mikel Arteta. Arsenal sudah memberikan segalanya kepada Arteta untuk belanja pemain.
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Manajer Arsenal Mikel Arteta. Arsenal sudah memberikan segalanya kepada Arteta untuk belanja pemain.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal menjadi salah satu klub Inggris paling aktif di jendela transfer musim panas tahun ini. Runner-up Liga Primer Inggris musim lalu itu telah mendatangkan tiga pemain sekaligus dan telah menggelontorkan biaya transfer total hingga mencapai 208,5 juta poundsterling atau setara Rp 4,07 triliun

Tim besutan itu telah merekrut Kai Havertz dari Chelsea dengan nilai transfer disebut mencapai 65 juta poundsterling. Perekrutan gelandang serang asal Jerman itu kemudian diikuti dengan memboyong Jurrien Timber dari Ajax Amsterdam dengan gelontoran biaya transfer sebesar 38,5 juta poundsterling.

Baca Juga

Terakhir, Arsenal menjadikan Declan Rice sebagai pemain Inggris termahal di sepanjang sejarah. The Gunners menebus Rice dari West Ham United dengan tebusan biaya transfer mencapai 105 juta poundsterling. Namun, geliat The Gunners di bursa transfer pemain musim ini sepertinya belum berhenti.

Manajemen Arsenal dilaporkan tengah membidik mantan rekan setim Timber di Ajax Amsterdam, Mohammed Kudus. Gelandang serang asal Ghana itu kabarnya memiliki banderol transfer hingga mencapai 40 juta poundsterling.

''Klub asal London Utara itu telah menunjukan ketertarikan untuk mendatangkan Kudus. Masih mengantongi sisa kontrak selama dua tahun, Kudus siap dilepas Ajax Amsterdam dengan banderol transfer mencapai 40 juta poundsterling,'' tulis laporan Daily Mail, Rabu (19/7/2023).

Sejak diboyong dari klub asal Denmark, Nordsjaelland, pada 2020 silam, Kudus terus menunjukan peningkatan performa bersama De Godenzonen. Dalam tiga musim terakhir membela Ajax Amsterdam di 84 penampilan di semua kompetisi, pemain berusia 22 tahun itu tercatat sudah mengemas 23 gol dan 11 assist.

Catatan ini terbilang cukup impresif buat pemain yang belum genap berusia 25 tahun. Tidak hanya itu, fleksibilitas posisi bermain Kudus juga menjadi keunggulan tersendiri. Meski berposisi asli sebagai gelandang serang, pengoleksi 24 caps buat Timnas Ghana itu juga dianggap cukup mumpuni untuk melakoni peran sebagai penyerang tengah dan winger kanan.

Kendati begitu, sebelum bergerak untuk bisa mendatangkan Kudus, Arsenal kemungkinan besar harus bisa melepas pemain terlebih dahulu.  Kieran Tierney, Cedric Soares, Nuno Tavares, Rob Holding, Albert Lokonga, dan Nicolas Pepe dilaporkan sudah masuk dalam daftar pemain yang siap dilepas The Gunners.

Pun dengan kemungkinan melepas Thomas Partey. Khusus untuk potensi melepas Partey, The Gunners kabarnya baru mau masuk ke meja negosiasi dengan klub lain apabila sudah mendapatkan tawaran dengan nilai transfer yang cukup tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement