Rabu 19 Jul 2023 12:58 WIB

Rossi Usia 44 Tahun Rajai Balap Mobil GT Dunia, Marquez Umur 30 Tahun Disarankan Pensiun

Rossi tampak lihai mengendarai mobil BMW di balapan itu.

Rep: Anggoro Pramudya/Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi berada di podium juara Sirkuti Misano, saat memenangi seri GT World Challenge Europe 2023.
Foto:

Dengan memenangi ajang tersebut membuat pria asal Italia itu berhak tampil pada salah satu balap ketahanan legendaris di dunia Le Mans 24H tahun depan. Rossi sendiri mengawali race 2 GT World Challenge Europe 2023 Misano dari urutan ketiga.

Kondisi berbeda 180 derajat justru diperlihatkan seteru abadi Rossi yang masih berkecimpung di MotoGP: Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu berada dalam posisi terpuruk. Karier Marquez terjun bebas dengan cepat setelah mengalami kecelakaan dan cedera serius.

Ia kesulitan menemukan kepiawaiannya dalam mengarungi lintasan sirkuit. Banyak yang memberikan dan spekulasi mengenai masa depan Marquez di MotoGP. Termasuk komentar dari mantan juara dunia, Wayne Gardner. Pembalap asal Australia yang menjadi juara dunia pada 500cc pada tahun 1987 ini mengatakan solusi terbaik untuk Marquez adalah pensiun.

photo
Marc Marquez terjatuh keras saat sesi pemanasan di MotoGP 2022 seri kedua di Mandalika International Street Circuit, NTB, Ahad (20/3/2022). - (dok MotoGP 2022)

Gardner merasa miris melihat Marquez setelah menderita cedera berulang. Ia selalu kembali cedera ketika kembali ke arena balapan. Gardner lalu mengenang di eranya bagaimana kondisi pembalap ketika mengalami kecelakaan enam kali dalam satu tahun. Menurut dia, biasanya pembalap akan mengalami cedera serius.

Sekarang ini, kata Gardner dengan peralatan yang lebih canggih, pembalap akan lebih sedikit mengalami cedera, tapi lebih sering kecelakaan. Ia menilai ada pengaruh signifikan kepada pembalap ketika sering kali terlibat kecelakaan.

 

"Singkatnya: mereka lolos begitu saja. Mentalitas berubah, tubuh melemah, dan semuanya menjadi siklus frustrasi. Pendapat saya adalah Marquez harus pensiun selagi dia bisa,” ujarnya dilansir dari motorcylesport

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement