Kamis 20 Jul 2023 08:24 WIB

Usai Alami Pendarahan Otak, Kondisi Kiper Terbaik MU Sepanjang Sejarah Terus Membaik

Ia tampak kuat setelah melalui masa kritis.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda Manchester United dan timnas Belanda Edwin van der Sar (kiri) dan istrinya Annemarie van Kesteren, dalam sebuah acara FIFA pada 2018 di London, Inggris
Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Legenda Manchester United dan timnas Belanda Edwin van der Sar (kiri) dan istrinya Annemarie van Kesteren, dalam sebuah acara FIFA pada 2018 di London, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Edwin Van der Sar mengungkapkan kondisi terkini usai mengalami pendarahan otak pada dua pekan lalu. Mantan penjaga gawang Manchester United dan Juventus itu sudah mulai pulih dan telah keluar dari ruang Intensive Care Unit (ICU) di sebuah rumah sakit di Amsterdam.

Bahkan, eks penjaga gawang Timnas Belanda itu berharap sudah bisa meninggalkan rumah sakit dan kembali ke kediamannya pada pekan depan. Hal ini diungkapkan Van der Sar via unggahan di akun media sosialnya.

Baca Juga

''Pertama, kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak. Saya senang menginformasikan telah keluar dari Intensive Care Unit. Namun, saya masih berada di rumah sakit. Saya harap bisa kembali ke rumah pada pekan depan dan melanjutkan tahap pemulihan,'' tulis Van der Sar seperti diktuip Sky Sports, Rabu (19/7/2023).

Pesan tersebut dilengkapi Van der Sar dengan sebuah foto. Dalam foto tersebut, mantan penjaga gawang berusia 52 tahun itu terlihat duduk di atas ranjang rumah sakit dan ditemani oleh sang istri. Van der Sar pun terlihat lebih segar dan mengumbar senyum dalam foto tersebut.

Sebelumnya, Van der Sar sempat dilarikan ke rumah sakit kala berlibur di Kroasia. Van der Sar didiagnosis mengalami pendarahan otak. Setelah sempat menjalani perawatan di Kroasia, Van der Sar kemudian dirujuk dan dibawa ke salah satu rumah sakit di Amsterdam.

Sejumlah klub yang pernah dibela Van der Sar sempat mengungkapkan pesan dukungan buat pengoleksi 130 caps buat Timnas Belanda tersebut, tidak terkecuali Manchester United. ''Mengirimkan semua cinta dan dukungan buat Anda, Edwin,'' tulis United di akun media sosial resmi klub, beberapa waktu lalu.

Pun dengan pesan serupa yang diungkapkan oleh Fulham, Ajax Amsterdam, dan Juventus. Selain bersama Ajax Amsterdam, Van der Sar diketahui menorehkan prestasi apik kala memperkuat Setan Merah. Van der Sar menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang united selama enam musim, tepatnya pada 2005 hingga 2011.

Pada sepanjang periode tersebut, Van der Sar mempersembahkan empat titel Liga Primer Inggris, satu trofi Piala Dunia Antar Klub, satu gelar juara Liga Champions. Van der Sar pun sempat terpilih sebagai penjaga gawang terbaik Liga Primer Inggris musim 2008/2009.

Setelah pensiun sebagai penjaga gawang, Van der Sar kembali ke Ajax Amsterdam. Van der Sar pun dipercaya menduduki jabatan sebagai Direktur Eksekutif De Godenzonen pada 2016. Van der Sar akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi tersebut pada akhir musim lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement