Kamis 20 Jul 2023 16:26 WIB

Fakta Tentang Rekor Elite Milik Valentino Rossi yang Mustahil Dipecahkan Pembalap Lain

Selama karier di MotoGP, Rossi akrab dengan kemenangan memakai mesin apapun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mantan pembalap MotoGP Valentino Rossi. Sosok yang rajin mencetak rekor selama karier balapannya.
Foto:

Bersama tim Gauloises Fortuna Yamaha, Rossi tidak perlu waktu lama. Rossi meraih kemenangan di dua musim secara beruntun. Memasuki musim 2017, FIM dan Dorna kembali melakukan perubahan dengan mengurangi kubikasi mesin di kelas utama menjadi 800 cc. Pada akhir musim, Rossi terpaksa finish di peringkat ketiga.

Namun, Rossi kembali menyabet gelar juara dengan mesin motor 800 cc empat-tak. Bersama tim FIAT Yamaha, Rossi menggunakan motor Yamaha YZRM1. Rossi berhasil menyabet gelar juara dunia kelas utama MotoGP pada musim 2008 dan 2009.

photo
Valentino Rossi (kiri) melintasi tikungan the Corkscrew di depan Casey Stoner pada balapan MotoGP di Laguna Seca, Amerika Serikat pada Juli 2008 silam. - (EPA/JOHN G. MABANGLO)

Terakhir, pada 2012, penggunaan mesin 1.000 cc empat tak diperkenalkan di kelas utama MotoGP.

Kala itu, Rossi berada di musim kedua bersama tim Ducati. Kendati gagal meraih gelar juara dunia, Rossi masih mampu naik ke podium dengan menggunakan motor Ducati Desmosedici RC12 dalam dua seri balapan pada musim 2012. Bisa dibilang, Rossi menjadi saksi sekaligus pelaku sejarah dalam berbagai era di MotoGP.

Dalam sebuah wawancara dengan crash.net, Rossi mengakui, perpindahan dari mesin 500 cc menjadi 990 cc menjadi salah satu tantangan terberat dalam periode tersebut. ''Perubahan paling besar terjadi dari 500 cc ke 990 cc. Namun, dibandingkan perubahan kapasitas mesin tersebut, perpindahan dari Yamaha ke Ducati jauh lebih sulit,'' ujar Rossi, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement