Kamis 20 Jul 2023 20:13 WIB

Van De Beek Buka Peluang Tinggalkan Manchester United

Kerap dirundung cedera menjadi salah satu problem terbesar Van de Beek.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Manchester United, Donny van de Beek.
Foto: AP/Asanka Brendon Ratnayake
Gelandang Manchester United, Donny van de Beek.

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURGH -- Gelandang asal Belanda, Donny van de Beek, mengaku tidak menutup sepenuhnya kemungkinan meninggalkan Manchester United (MU) pada jendela transfer musim panas tahun ini. Sejak direkrut dari Ajax Amsterdam pada 2020, Van de Beek memang belum bisa memberikan kontribusi maksimal untuk Man United.

Skuad Iblis Merah mendatangkan Van de Beek pada Agustus 2020 dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 40 juta poundsterling. Tampil apik bersama Ajax Amsterdam, termasuk mengantarkan De Godenzonen ke semifinal Liga Champions musim 2018/2019, Van de Beek malah kesulitan untuk bisa menunjukkan performa terbaik di MU.

Baca Juga

Pada musim debutnya, gelandang berusia 26 tahun itu hanya tampil dalam 36 partai di semua ajang. Pada pertengahan musim lalu, Van de Beek pun sempat dipinjamkan ke Everton selama setengah musim. Namun, jebolan akademi sepak bola Ajax Amsterdam itu masih juga belum mampu menemukan performa terbaik.

Kehadiran Erik ten Hag, mantan pelatihnya saat masih memperkuat Ajax Amsterdam, pada musim lalu juga tidak berpengaruh banyak bagi Van de Beek. Pengoleksi 19 caps untuk timnas Belanda itu hanya tampil di 10 laga di semua ajang pada musim lalu.

Kerap dirundung cedera menjadi salah satu problem terbesar Van de Beek selama membela Man United. Kondisi serupa juga menimpa Van de Beek pada musim lalu. Bahkan, Van de Beek mengalami dua kali cedera pada musim ini, termasuk cedera lutut parah pada Januari 2023. Ujungnya, Van de Beek absen pada paruh kedua musim lalu.

Kondisi ini juga menimbulkan rumor kepergian Van de Beek dari Stadion Old Trafford pada musim panas tahun ini. Bahkan, Van de Beek sempat dilaporkan masuk dalam daftar pemain yang siap dilepas Man United, seperti halnya Anthony Martial, Harry Maguire, dan Scott McTominay.

Pemain yang masih terikat kontrak bersama MU hingga 2025 itu pun membuka kemungkinan untuk berganti klub pada musim depan. Terlepas dari kondisi tersebut, Van de Beek mengaku sudah sepenuhnya pulih dari cedera dan tinggal mengembalikan kebugarannya secara maksimal.

''Cukup sulit untuk bisa mengatakan di mana saya akan berada pada masa depan. Saya baru saja kembali dari cedera dan telah berlatih dalam beberapa pekan terakhir. Saya sudah cukup fit. Namun, saya masih harus bekerja keras. Mari lihat apa yang akan terjadi. Masih ada kemungkinan buat saya untuk pindah, semua kemungkinan masih terbuka,'' kata Van de Beek seperti dilansir BBC, Kamis (20/7/2023).

Telah pulih dari cedera, Van de Beek mendapatkan kesempatan untuk tampil di laga kedua pramusim Man United, tepatnya saat menghadapi Lyon di Murrayfield, Edinburgh, Skotlandia, Rabu (19/7/2023) waktu setempat. Van de Beek tampil apik dengan mencetak gol kemenangan Iblis Merah via sepakan voli kaki kanan di laga tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement