Sabtu 22 Jul 2023 17:05 WIB

Liga 1: Persija Terkapar di Tangerang, Persita Menyodok ke Posisi Dua

Persija Jakarta takluk 0-1 dari Persita Tangerang dalam lanjutan Liga 1.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Persita Tangerang vs Persija Jakarta di Liga 1
Foto: Dok Republika
Persita Tangerang vs Persija Jakarta di Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Persita Tangerang melanjutkan catatan positifnya di kompetisi Liga 1 2023/2024. Selepas tumbang pada pekan pembuka, Persita kemudian memetik tiga kemenangan beruntun. Terakhir, Persita menaklukkan tetangganya Persija Jakarta 1-0 di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (22/7/2023). Gol tunggal kemenangan Persita dicetak oleh Muhrom.

Hasil ini menempatkan Persita ke posisi kedua klasemen sementara. Sedangkan Persija tertahan di posisi delapan dengan nilai lima.

Baca Juga

Persija bermain lebih menguasai permainan pada babak pertama. Sementara Persita bermain lebih berhati-hati melakukan serangan. Tuan rumah mencoba mengeksplorasi sisi kiri pertahanan Persija. Hingga menit ke-16, kedua tim kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing.

Permainan disiplin yang dilakukan pemain belakang Pendekar Cisadane membuat Rio Simanjuntak dan Matsumura yang beroperasi di sisi sayap kesulitan mengontrol bola karena pergerakan mereka selalu berhasil dipatahkan.

Di depan, Persita mencoba memanfaatkan kecepatan Irsyad Maulana. Namun kedisplinan pemain bertahan Persija juga sulit ditembus.

Hingga menit ke-23, permainan masih berlangsung ketat. Kedua tim memperegakan pressing ketat yang membuat terjadinya saling jual beli serangan. Pemain Persija beberapa kali melakukan kesalahan kontrol bola ataupun umpan yang mengakibatkan serangan balik Persita. Namun tuan rumah tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

Pada menit ke-30, Persita kembali mendapatkan momen serangan balik cepat melalui sisi kiri pertahanan Persija. Irsyad Maulana yang berlari cepat menggiring bola gagal melewati pemain Persija yang cepat melakukan transisi menyerang ke bertahan.

Tempo permainan kian cepat sejak memasuki menit ke-30. Jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim. Pada menit ke-34, Andritany melakukan build-up yang gagal sehingga bola berhasil direbut oleh pemain Persita. Namun Fergonzi yang memiliki ruang tembak luas tembakannya melenceng dari gawang Persija. Hingga babak pertama selesai skor bertahan tanpa gol. 

Kedua tim melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Persita menarik keluar gelandang Septiawan dan memasukkan penyerang, Vidal. Adapun Persija memasukkan bek Hanif Sjahbandi menggantikan gelandang Gajos. Witan Sulaiman juga dimasukkan menggantikan Aji Kusuma.

Tempo permainan tetap berlangsung cepat di babak kedua. Jual beli serangan tercipta namun sama-sama kesulitan mencetak gol karena pressing ketat kedua tim. Pada menit ke-51, Persita mendapatkan peluang lewat tembakan namun berhasil ditangkap sempurna oleh Andritany.

Pada menit ke-60, Matsumara nyaris mencetak gol untuk Persija. Pemain asal Jepang itu mempunyai ruang tembak di dalam kotak penalti namun tembakannya melenceng ke sisi kiri gawang Persija.

Persita menciptakan beberapa peluang penting yang mengancam gawang Persija. Dan Persita akhirnya menjebol gawang Persija lewat tembakan keras Muhrom pada menit ke-81. Ia mendapatkan umpan Vidal. Gol tersebut sekaligus gol tunggal di laga tersebut dengan skor 1-0 untuk kemenangan Persita

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement