Selasa 25 Jul 2023 10:24 WIB

Sedang Terpuruk, Tim Yamaha akan Mainkan Cal Crutchlow Lagi di MotoGP Jepang

Crutchlow yang pensiun pada 2020 akan membalap di MotoGP Jepang sebagai wildcard.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Tim Yamaha telah mengonfirmasi bahwa Cal Crutchlow akan membalap di MotGP Jepang pada September 2023 sebagai wildcard.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Tim Yamaha telah mengonfirmasi bahwa Cal Crutchlow akan membalap di MotGP Jepang pada September 2023 sebagai wildcard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Yamaha telah mengonfirmasi bahwa Cal Crutchlow akan membalap di MotoGP Jepang sebagai wildcard. Pembalap veteran asal Inggris tersebut merupakan pembalap tes Yamaha dan akan mencatatkan penampilan kompetitif pertamanya musim ini di Motegi pada 29 September-1 Oktober 2023.

Penampilan Crutchlow di grid merupakan kesempatan langka bagi Yamaha untuk mengumpulkan data. Hal tersebut sebuah kemewahan yang tidak dimiliki Yamahaa sejak berlaga tanpa tim satelit musim ini.

Baca Juga

Manajer tim Yamaha Maio Meregalli mengaku senang dengan Crutchlow yang akan tampil untuk pertama kalinya musim ini di MotoGP. Menurut dia, ini kesempatan bagi Yamaha mendapatkan data sebanyak-banyaknya serta mendorong peningkatan jumlah hari latihan di Eropa.

“Kami telah memutuskan bahwa tahun ini kami akan melakukan wildcard di Motegi, dan saya harap akan ada yang kedua,” ujar Meregalli, dilansir dari Crash, Selasa (25/7/2023).

Crutchlow sudah pensiun balapan pada akhir 2020. Namun musim lalu, ia kembali ke lintasan dalam enam balapan sebagai pengganti Andrea Dovizioso yang pensiun.

Yamaha tengah mengalami musim yang sulit musim ini seperti Honda. Dengan pabrikan Jepangnya, Yamaha sedang berjuang mengimbangi pabrikan Eropa yang mendominasi musim ini. Pembalap-pembalap Yamaha tampak kesulitan mengendalikan motornya dan menyaingi Ducati yang mendominasi pada balapan dua musim terakhir.

Pembalap Yamaha Fabio Quartararo masih bertengger di posisi kesembilan klasemen MotoGP 2023. Itu adalah posisi tertinggi bagi pembalap Yamaha di klasemen sementara. Sementara Ducati menguasai lima besar dan hanya KTM yang ada di antara pabrikan Italia tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement