Selasa 25 Jul 2023 12:12 WIB

Bos Liga Primer Inggris tak Khawatir Klub Arab Saudi Terus Tumbuh Besar

Kompetisi Liga Primer tak terpengaruh dengan geliat transfer Liga Pro Saudi.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Logo Liga Primer Inggris. Kepala Eksekutif Liga Primer Inggris Richard Masters mengatakan, tidak akan terlalu khawatir saat ini tentang pengaruh Arab Saudi yang tumbuh dalam sepak bola modern.
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris. Kepala Eksekutif Liga Primer Inggris Richard Masters mengatakan, tidak akan terlalu khawatir saat ini tentang pengaruh Arab Saudi yang tumbuh dalam sepak bola modern.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kepala Eksekutif Liga Primer Inggris Richard Masters mengatakan tidak akan terlalu khawatir saat ini tentang pengaruh Arab Saudi yang tumbuh dalam sepak bola modern.

"Liga Pro Saudi telah menyatakan bahwa mereka ingin menjadi 10 liga teratas pada 2030," kata Richard Masters dilansir BBC Sports, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga

Cristiano Ronaldo pindah ke Liga Arab Saudi pada Januari 2023 dengan sejumlah pemain elite Benua Biru mengikuti jejaknya pada musim panas ini.

Sementara, Al-Hilal juga telah mengajukan tawaran rekor dunia senilai 259 juta pounds untuk menggoda Paris Saint-Germain (PSG) melepas penyerang Prancis Kylian Mbappe.

"Mereka berinvestasi pada pemain dan pelatih untuk mencoba meningkatkan profil liga dan klub. Kami membutuhkan waktu 30 tahun untuk mencapai posisi yang kami miliki," ujar Masters.

Lebih lanjut, Richard Masters berbicara jika dirinya pun kompetisi Liga Primer sama sekali tidak terpengaruh dengan adanya kekuatan pun industri baru di sepak bola Timur Tengah.

"Saya tidak akan terlalu khawatir saat ini, tetapi jelas klub Arab Saudi memiliki hak yang sama untuk membeli pemain seperti liga lainnya. Semua kompetisi yang bagus harus memiliki aliran pendapatan untuk mendukungnya."

Pada akhirnya Liga Primer menghasilkan nilai 6 miliar pounds per tahun dalam hal pendapatan dan keuangan itu diinvestasikan kembali ke lapangan.

Pemenang gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) edisi teranyar, Karim Benzema, meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan Al Ittihad, yang juga telah mengontrak mantan gelandang Chelsea N'Golo Kante serta penyerang Portugal Jota dari Celtic.

Klub Arab juga telah mengajukan tawaran 40 juta pounds untuk gelandang Liverpool asal Brasil, Fabinho. Pemain depan Brasil Roberto Firmino, yang kontraknya dengan Liverpool berakhir musim panas, telah bergabung dengan Al Ahli.

Selain itu, Al Ahli juga telah menandatangani kiper Senegal Edouard Mendy dari Chelsea, pun menyetujui kesepakatan 30 juta pounds untuk pemain sayap Manchester City Riyad Mahrez.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement