Rabu 26 Jul 2023 09:05 WIB

Ikatan Motor Besar Indonesia Persiapkan Diri Jelang Touring ke Jalur Himalaya

IMBI sudah beberapa kali menggelar touring ke Himalaya dan sejumlah destinasi lain.

Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) terus mempersiapkan kemampuan dan skill berkendara para peserta jelang rencana Touring IMBI ke jalur Khardung LA Pass, Himalaya, pada tanggal 17-27 Agustus 2023.
Foto: Dok. IMBI
Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) terus mempersiapkan kemampuan dan skill berkendara para peserta jelang rencana Touring IMBI ke jalur Khardung LA Pass, Himalaya, pada tanggal 17-27 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) terus mempersiapkan kemampuan dan skill berkendara para peserta jelang rencana Touring IMBI ke jalur Khardung LA Pass, Himalaya, pada tanggal 17-27 Agustus 2023. IMBI belum lama ini mengadakan kegiatan coaching clinic dan pelatihan safety riding di jalur utama Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 23 Juli 2023.

"Kegiatan yang diikuti oleh 18 anggota IMBI dari berbagai daerah di Indonesia ini dimaksudkan untuk mempersiapkan kemampuan dan skill berkendara para peserta," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) IMBI Pusat, Muhammad Iqbal menyatakan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga

Menurut Iqbal, kegiatan coaching clinic ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta agar mampu menaklukkan jalur Himalaya, khususnya dalam hal kemampuan berkendara di jalanan dengan kontur yang ekstrem dan tinggi. "Lewat coaching clinic ini kami mempersiapkan para peserta untuk lebih mengenal medan berkendara di Himalaya."

Jalur di Himalaya, lanjut Iqbal, ketinggiannya mencapai hampir 6.000 mdpl. "Kondisi di sana sangat dingin, kurangnya oksigen di ketinggian yang dilalui, jalan-jalan gravel yang sempit dan padang pasir, sehingga membutuhkan persiapan fisik dan skill mumpuni," jelas dia.

Menurut Iqbal, Ketua Umum IMBI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, sudah berpesan kepada dirinya untuk mempersiapkan para peserta supaya bisa berkendara dengan aman dan nyaman selama di sana. Iwan Bule selama ini juga dikenal sebagai penggiat sepak bola dan mantan Ketua Umum PSSI.

"Peserta diajarkan praktik maupun teori oleh Bro Jusri Pulubuhu. Instruktur Safety Ride yang sudah 40 tahun berpengalaman melakukan coaching clinic untuk riders Indonesia dan luar negeri," ujar Iqbal yang sudah menaklukkan Himalaya pada 2018 ini.

Lewat pantauan tim media, kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Seluruh peserta dengan motor Royal Enfield Himalayan secara bergantian mencoba jalur bukit Hambalang yang jalanannya dianggap mirip dengan rute jalur di Himalaya.

"Acara coaching clinic di bukit Hambalang ini juga atas kerja sama IMBI dengan Royald Enfield Indonesia. Royald Enfield Himalayan, sebagai motor yang akan digunakan seluruh peserta di sana adalah motor yang memiliki kemampuan menaklukkan jalur dengan elevasi yang ekstrem seperti Himalaya," jelas Iqbal.

IMBI, kata Iqbal, mengucapkan terima kasih kepada Royal Enfield India dan Royal Enfield Indonesia yang sudah memberi kepercayaan kepada IMBI untuk mengirim anggotanya riding di pegunungan Himalaya diorganisasi oleh Royal Enfield India. Motor-motor yang dipakai untuk coaching clinic, lanjut dia, juga disediakan oleh Bro Bimo, GM Royal Enfield Indonesia.

"Harapannya para bikers Indonesia yang suka touring nantinya tidak hanya fokus pada persoalan jarak tempuh. Namun juga bisa mengeksplorasi jalur-jalur dengan ketinggian yang ekstrem sebagai destinasi touring. Karena banyak daerah di Indonesia yang saya rasa memiliki tingkat ketinggian yang ekstrem namun belum begitu di eksplorasi oleh para bikers," kata Iqbal menegaskan.

Ikatan Motor Besar Indonesia tercatat sudah beberapa kali mengadakan touring ke Himalaya dan berbagai destinasi touring di seluruh dunia. Kegiatan touring ke Himalaya ini adalah salah satu program yang diagendakan IMBI selama tahun 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement