Senin 04 Sep 2023 11:31 WIB

Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Lebarkan Sayap Hingga Amerika Serikat

Ini tonggak sejarah IMBI sebagai salah satu organisasi bikers tertua di Indonesia.

Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) mengukuhkan pengurus IMBI Cabang Amerika Serikat (IMBI USA) pada Sabtu (5/8/2023) di Konsul Jenderal Republik Indonesia (RI), Los Angeles, Amerika Serikat (AS).
Foto: imbi
Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) mengukuhkan pengurus IMBI Cabang Amerika Serikat (IMBI USA) pada Sabtu (5/8/2023) di Konsul Jenderal Republik Indonesia (RI), Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) baru saja mengukuhkan pengurus IMBI Cabang Amerika Serikat (IMBI USA) pada Sabtu (5/8/2023) di Konsul Jenderal Republik Indonesia (RI), Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Acara ini merupakan kali pertama IMBI meresmikan kepengurusan di luar Indonesia.

Ini menjadi tonggak sejarah bagi IMBI yang merupakan salah satu organisasi bikers tertua di Indonesia untuk melebarkan sayapnya ke Negeri Paman Sam. Steven Lee didapuk menjadi ketua IMBI USA berdasarkan Surat Keputusan Pengurus IMBI USA yang dibacakan oleh Sekjen IMBI Pusat, Muhammad Iqbal.

Baca Juga

”Dengan ini menyatakan berdasarkan surat keputusan IMBI Pusat, IMBI Cabang Amerika Serikat resmi dikukuhkan. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi perkembangan dan kemajuan IMBI di dunia internasional,” ujar Bro Iqbal, sapaan akrab Muhammad Iqbal, dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Senin (4/9/2023).

Sementara itu, salah seorang tokoh senior di IMBI Freddy Soemitro yang hadir dalam acara tersebut memberikan ucapan selamat atas pengukuhan kepengurusan IMBI USA. ”Ini menjadi bukti IMBI telah melebarkan sayapnya. Selain terdapat 25 pengurus IMBI di berbagai daerah di Indonesia, kini IMBI pun bisa sampai ke Amerika Serikat,” kata Freddy.

Ketua umum IMBI Komjen Pol (Purnawirawan) M Iriawan lewat tayangan video juga memberikan sambutan atas terpilihnya kepengurusan IMBI USA yang baru. Ia pun berharap bahwa IMBI bisa menjadi contoh yang baik dalam tertib berlalu lintas dan menjaga persaudaraan dan kekompakan anggota yang selama ini menjadi prioritas IMBI.

”Harapan saya dan tentunya kita semua agar di kepengurusan IMBI USA yang baru ini senantiasa menjaga kekompakan dan selalu menjadi role model bikers yang tertib berlalu lintas dan sebagai ajang silaturahmi sesama diaspora Indonesia yang tinggal di AS,” ujar mantan ketua umum PSSI yang kerap disapa Bro Iwan Bule.

Konsul Jenderal RI yang diwakili oleh Fadli Ahmad menyatakan kegembiraannya dengan hadirnya IMBI di AS. ”Semoga kehadiran IMBI dapat memfasilitasi warga Indonesia yang tinggal di Amerika dalam beraktivitas yang positif, sehingga silaturrahmi antara sesama warga dengan kami sebagai pelayan masyarakat dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Steven Lee, sosok yang terpilih, pun menyampaikan kegembirannya bisa bergabung dalam keluarga besar IMBI. Ia bertekad menjadikan IMBI USA yang memiliki 140 anggota aktif di berbagai wilayah di AS, menjadi tempat berkumpulnya bikers asal Indonesia di AS. ”IMBI USA dapat menjadi wadah yang tepat dalam mempromosikan Indonesia di kalangan bikers luar negeri,” imbuhnya.

Selain dihadiri oleh anggota IMBI USA dan pengurus pusat, acara ini juga dihadiri 23 bikers sebagai perwakilan IMBI dari berbagai pengda di Indonesia. Mereka juga ikut serta memeriahkan pengukuhan IMBI USA.

Acara pengukuhan ini diakhiri dengan riding dari Los Angeles ke Las Vegas, Utah, Denver, dan berakhir di Sturgis, South Dakota.

Di pilihnya Sturgis sebagai garis akhir riding bukan tanpa alasan karen anggota IMBI USA juga mengikuti acara besar tahunan Harley Davidson. Acara ini dihadiri oleh ribuan Motor Harley Davidson.

Iqbal sebagai sekjen IMBI mengungkapkan harapannya dalam gelaran di Sturgis ini.

"Keikutsertaan IMBI dalam event di Sturgis ini diharapkan dapat membawa dampak yang positif di kalangan biker-biker luar negeri," ujar Iqbal menjelaskan. "Ini adalah kesempatan bagi anggota IMBI untuk menjalin komunikasi dengan mereka (biker Amerika Serikat, red) untuk riding di Indonesia."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement