Rabu 26 Jul 2023 14:55 WIB

Gundogan Bicara Tentang Sosok Guardiola dan Impian Gabung Barcelona

Bagi Gundogan, Guardiola sosok yang inovatif dan terus memberikan hal-hal terbaru.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Manchester City, Ilkay Gundogan, yang telah pindah ke Barcelona mulai musim 2023/2024.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Pemain Manchester City, Ilkay Gundogan, yang telah pindah ke Barcelona mulai musim 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ilkay Gundogan mengaku awalnya tidak mengetahui lebih dalam sepak bola sebelum akhirnya mengenal dan bekerja sama bersama Pep Guardiola di Manchester City. Gundogan turut memuji bos baru Xavi Hernandez yang saat ini tengah menangani tim sekelas Barcelona dan menyebut Barca memiliki potensi besar di bawah sang pelatih.

"Sebelum saya bergabung dengan Man City, saya pikir saya tahu sepak bola. Saya berusia 25 atau 26 tahun. Saya bermain di final Liga Champions. Tapi sekarang berdiri di sini setelah tujuh tahun, saya akan mengatakan saya tidak tahu apa-apa tentang sepak bola," kata Gundogan kepada ESPN, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga

Bagi Gundogan, Guardiola adalah sosok yang sangat inovatif dan terus memberikan hal-hal terbaru kepada anak didiknya. "Pengaruhnya terhadap tim dan saya secara pribadi sangat besar," jelas dia.

Sementara Gundogan menggambarkan kemenangan musim lalu sebagai alam mimpi, tetapi mengatakan ini adalah waktu yang tepat untuk pindah. Dengan alasan, jika ingin menantang diri sendiri dan keluar dari zona nyaman, inilah saatnya.

"Sejak saya masih kecil, saya mengagumi Barcelona. Dengan pemain seperti Ronaldinho dan Lionel Messi, lalu Sergio Busquets, Andres Iniesta, Xavi. Saya selalu berkata pada diri sendiri bahwa ketika suatu hari saya mendapat kesempatan, saya tidak ingin membuangnya," sambung pria asal Jerman.

Barca memenangkan La Liga Spanyol musim lalu dalam musim penuh pertama Xavi sebagai pelatih, finish 10 poin di depan rival Real Madrid untuk merebut gelar liga pertama sejak 2019 silam.

Nantinya Gundogan akan bersaing untuk mendapat tempat di lini tengah Barca dengan sesama pendatang baru Oriol Romeu, Frenkie de Jong, dan pemain muda Pedri serta Gavi.

"Saya melihat peran saya membantu mereka dan membiarkan mereka bersinar di lapangan. Saya pikir saya bisa menjadi seseorang yang dapat membantu mereka dan membimbing, mencoba membuat mereka lebih mengekspresikan diri," kata Gundogan menegaskan.

Pertandingan persahabatan pramusim pertama Barca dari tur Amerika Serikat melawan Juventus dibatalkan setelah wabah gastroenteritis di skuad.

Setelah itu Blaugrana akan bermain melawan Arsenal di Inglewood, California, pada Rabu (26/7/2023) waktu setempat sebelum melawan Madrid di El Clasico di Arlington, Texas, pada hari Sabtu, dan AC Milan di Las Vegas pada Selasa 1 Agustus 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement