Rabu 26 Jul 2023 19:40 WIB

Setelah Berlatih Bersama Arteta, Declan Rice Merasa tak Tahu Apa-Apa tentang Sepak Bola

Declan Rice melihat Arteta begitu sangat jenius soal sepak bola.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Arsenal Mikel Arteta. Declan Rice mengagumi Arteta.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih Arsenal Mikel Arteta. Declan Rice mengagumi Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Declan Rice berbicara banyak hal tentang petualangan barunya di Arsenal. Jelas, ia bersyukur akan hal itu.

Rice merasa tak perlu mengubah apa pun. Ini mengenai gaya permainannya. Ia merasa hal itu justru membantunya berada di tahapan ini.

Baca Juga

"Saya tidak perlu mengubah cara bermain saya, sama sekali," kata mantan kapten West Ham United, dalam wawancara dengan Sky Sports, Rabu (26/7/2023).

Ia hanya berupaya menambahkan beberapa hal ke dalam perlengkapan tempurnya. Rice mengakui ia berada di tim dengan standar berbeda. Sebelumnya, bertahun-tahun ia berkostum West Ham United.

Pertama-tama, ia perlu beradaptasi terlebih dahulu. Ia harus secepatnya memahami pendekatan Mikel Arteta. Ia beruntung bisa mengikuti latihan pramusim dengan klub baru, sejak awal.

"Ini akan memakan waktu, tapi saya yakin, setelah saya mempelajari semuanya, saya meningkatkan diri saya. Saya merasa seperti akan naik level," ujar Rice.

Ia mengakui sesi latihan di Arsenal benar-benar berbeda dibandingan dengan the Hammers. Ini konteksnya dari sisi taktikal. Ia melihat sepak bola dari sudut pandang berbeda.

Puluhan tahun Rice berkembang sebagai pemain. Sang gelandang kemudian menembus level profesional. Namun ketika bertemu orang seperti Arteta, ia merasa sangat kerdil pengetahuan taktisnya.

"Ketika anda bertemu pelatih seperti Mikel, anda menyadari bahwa anda tidak benar-benar tahu apa-apa tentang sepak bola. Ada berbagai gaya dan cara bermain yang berbeda, yang belum pernah saya alami sebelumnya," ujar penggawa tim nasional Inggris ini.

Pada akhirnya ia berharap semua berjalan baik. The Gunners meraih gelar juara. Secara pribadi, ia terus mengalami perkembangan kualitas.

Rice dan rekan-rekan akan beruji coba melawan Barcelona di Amerika Serikat. Partai tersebut berlangsung di SoFI Stadium, Kalifornia, Kamis (27/7/2023) pagi WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement