Jumat 28 Jul 2023 22:20 WIB

Alibi Pioli Usai AC Milan Kalah dari Juventus pada Laga Pramusim

Tiga pemain Milan gagal menendang penalti ke gawang Juventus.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih AC Milan Stefano Pioli
Foto: EPA-EFE/ROBERTO BREGANI
Pelatih AC Milan Stefano Pioli

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- AC Milan menelan kekalahan 3-4 dari Juventus lewat adu penalti dalam turnamen pramusim, Soccer Championship Tour 2023, Jumat (28/7/2023) pagi WIB. Dalam laga di Stadion Dignity Health Sports Park tersebut, dua klub elit asal Italia itu sempat bermain imbang 2-2.

I Rossoneri membuka keunggulan di laga tersebut via gol Malick Thiaw pada menit ke-23. Namun, kedudukan itu hanya bertahan 10 menit. I Bianconeri mencetak gol penyeimbang kedudukan via torehan Danilo. Kendati begitu, Milan mampu menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol. AC Milan kembali unggul via gol Olivier Giroud. 

Baca Juga

Pemenang di laga ini akhirnya ditentukan lewat adu penalti usai Juventus menyamakan kedudukan melalui Daniele Rugani pada menit ke-48. Tiga penendang AC Milan gagal mencetak gol penalti dan laga berakhir dengan kemenangan Juventus 4-3.

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, mengakui, anak-anak asuhnya belum mampu menunjukkan performa maksimal di laga ini, terutama para penggawa anyar yang mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter. Para pemain tersebut, ujar Pioli, masih membutuhkan waktu lebih banyak untuk bisa menemukan kesepahaman permainan di atas lapangan.

Namun, Pioli menegaskan, masih ada sedikit peningkatan dari performa anak-anak asuhnya dibanding saat dibekap Real Madrid 2-3 pada laga sebelumnya. 

''Ini bukan langkah mundur dibanding laga kontra Real Madrid. Mereka yang tampil sebagai starter di laga ini baru berlatih bersama-sama hanya dalam waktu tujuh hari,'' kata Pioli seperti dikutip Football Italia, Jumat (28/7/2023).

Pada laga tersebut, Pioli memang menurunkan sejumlah rekrutan teranyar AC Milan sebagai starter. Selain Christian Pulisic dan Ruben Lotus-Cheek, Pioli juga memberikan kesempatan pada Tijjani Reijnders untuk tampil sejak menit pertama di laga kontra Juventus. 

Sejauh ini, Pioli cukup puas dengan kerja sama yang ditunjukan Pulisic dan Loftus-Cheek. ''Mungkin, mereka masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi, tapi saya senang dengan cara mereka bergerak. Tentu saja, masih banyak aspek yang bisa ditingkatkan,'' ujar eks pelatih Fiorentina tersebut.

Pioli pun mengambil pelajaran berharga dari laga kontra Juventus. Menurutnya, laga tersebut menjadi laga yang cukup penting buat anak-anak asuhnya dalam mempersiapkan diri menatap musim ini. Pada laga pramusim berikutnya, AC Milan dijadwalkan menghadapi Barcelona, tengah pekan depan.

''Dalam proses membangun serangan, kami berusaha untuk menemukan celah. Begitu juga untuk variasi permainan untuk mendominasi pertandingan. Laga ini cukup penting dalam usaha kami bisa berada dalam kondisi terbaik sebelum musim ini bergulir. Setiap laga memberikan kami sesuatu,'' tutur Pioli.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement