Ahad 30 Jul 2023 17:09 WIB

Persija Jamu Persebaya di GBK, Polda Metro Imbau Bonek tak Datang ke Stadion

"Masing-masing suporter gelar nonton bareng di daerahnya saja," kata Trunoyudo.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andri Saubani
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll dan pemain Hanif Sjahbandi (tengah) dalam konferensi pers jelang pertandingan pekan kelima BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (29/7/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll dan pemain Hanif Sjahbandi (tengah) dalam konferensi pers jelang pertandingan pekan kelima BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (29/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Persija Jakarta dijadwalkan menjamu Persebaya Surabaya dilanjutan Liga 1 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Pusat, Ahad (30/7). Namun aturan terbaru Liga 1, suporter tim tamu dilarang datang atau menonton langsung di stadion. Karena itu Polda Metro Jaya memberikan imbauan kepada Bonek agar tidak datang ke stadion.

“Kami menghimbau untuk kembali ke daerah masing-masing saja dan koordinator masing-masing suporter gelar nonton bareng di daerahnya saja,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Ahad (30/7/2023). 

Baca Juga

Menurut Trunoyudo, imbauan tersebut disampaikan untuk menyikapi kebijakan dari operator penyelenggara kompetisi sepak bola Indonesia PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang melarang kedatangan suporter tim tamu dalam pertandingan. Pada putaran pertama Liga 1 2023, pertandingan dapat diisi suporter tuan rumah dengan kapasitas 100 persen atau penuh untuk setiap stadion.

 

“PT LIB mengeluarkan kebijakan melarang kehadiran suporter tim tamu pada kompetisi Liga 1,” ucap Trunoyudo.

Trunoyudo melanjutkan, karena itu perlunya langkah sosialisasi dan preemtif secara masif. Sehingga kebijakan PT LIB dapat diimplementasikan dengan baik oleh masing-masing koordinator suporter. Lalu langkah berikutnya perlu dengan pola preventif atau pencegahan dengan melihat pada dinamika yang ada.

“Yaitu kehadiran Polda Metro Jaya pada beberapa titik kedatangan suporter yang bukan merupakan suporter tuan rumah,” tutup Trunoyudo.

Pada laga terakhir di Liga 1, tim berjulukan Macan Kemayoran itu harus menelan pil pahit, usai dipermalukan Persita Tangerang dengan skor tipis di Stadion Indomilk, Tangerang, Banten pada Sabtu 22 Juli 2023 lalu. Saat ini anak asuhan Thomas Doll tercecer di peringkat 14 klasemen dengan hanya meraup lima poin dari empat pertandingan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement