Selasa 01 Aug 2023 08:17 WIB

Masa Kelam Karier Sang Legenda; Bersama Ducati, Rossi Hanya Jadi Penggembira di MotoGP

Rossi tak berdaya mengendalikan sang monster Ducati bernama Desmosedici.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda balap MotoGP Valentino Rossi saat masih membalap bersama Tim Ducati dengan motor Desmosedici pada 2011 silam.
Foto:

Rossi hanya sanggup merasakan tiga kali podium, tanpa sekalipun mendapatkan kemenangan. Jelas, statistik demikian menunjukkan kemunduran. Fakta the Doctor sebagai pemegang juara dunia tujuh kali Moto GP, tak cukup membantu.

Desmosedici di era itu dikenal sebagai motor yang paling sulit dikendalikan. Belakangan Stoner terlihat nyaman mengendarai Ducati. Ini hanya persoalan gaya membalap.

photo
Valentino Rossi saat menunggangi Desmosedici pada 2012 silam. Rossi mengaku kecewa dengan performa motor Ducati GP12 yang jauh dari harapannya. - (REUTERS/Mohammed Dabbous)

Lagi pula saat itu, usia Rossi sudah di atas angka 30. Ia tidak segarang beberapa tahun sebelumnya. Ia juga harus menyesuaikan diri dengan sejumlah aturan baru di Moto GP.

Lalu pada 2013, VR46 balik lagi ke Yamaha. Sang legenda pensiun pada 2021 lalu. Kini beberapa anak didiknya menjadi idola baru di lintasan.

Itu termasuk Francesco Bagnaia. Menariknya sosok yang akrab disapa Pecco ini, mulai tak tersentuh bersama Ducati. Bagnaia merupakan juara Moto GP 2022 dan berada di puncak klasemen sementara musim 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement