Rabu 02 Aug 2023 15:55 WIB

Detail Aero Motor Honda Bocor, Tiru Ducati dan KTM di MotoGP?

Mengatasi masalah mesin Honda jadi langkah yang mungkin lebih besar dibanding aero.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP dari Repsol Honda Team Marc Marquez duduk di garasi tim saat sesi latihan bebas belum lama ini.
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Pembalap MotoGP dari Repsol Honda Team Marc Marquez duduk di garasi tim saat sesi latihan bebas belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa detail aero baru motor Honda RC213V terungkap secara tidak sengaja lewat rekaman video Stefan Bradl di Instagram story beberapa waktu lalu. Namun sayang insta-story Instagram pembalap asal Jerman itu sekarang sudah dihapus dan terungkap detail menarik dari RC213V yang dikendarainya pada tes pribadi dengan Honda.

Detail motor yang dikendarainya terlihat sangat mirip dengan dua pabrikan asal Eropa KTM atau Ducati, dalam hal paket aero.

Baca Juga

Dilansir Crash, Rabu (2/8/2023), tim Honda akan memakai ground-effect fairing, pun winglet di belakang terlihat sangat mirip dengan apa yang terpasang di Ducati serta KTM.

Meski begitu perlu dilihat apakah hal ini dapat membantu peningkatan Honda untuk musim 2023 di mana pabrikan Jepang itu masih bisa mengganti fairing pun motor pengembangan untuk musim 2024 mendatang.

Banyak pecinta balap roda dua meragukan rencana Honda yang mengikuti rute aero KTM dan Ducati bisa menjadi solusi instan dari buruknya performa RC213V.

Aero adalah satu hal, dan Honda juga mesti melihat faktor lain seperti elektronik dan cara kerja mesin yang dinilai terlalu agresif.

"Mungkin pada 2016, 2017, dan 2018 Anda bisa mengubah fairing dan mendapatkan beberapa keuntungan. Tapi MotoGP tidak bekerja seperti itu lagi," demikian pernyataan tersebut.

Sekarang, hal-hal ini sangat bergantung pada aero, mesin, perangkat ride-height, dan komponen lain motor yang bekerja secara beriringan.

Jika Honda bisa mengatasi masalah mesin, itu adalah langkah yang mungkin lebih besar dibandingkan pengenalan aero.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement