Kamis 03 Aug 2023 17:48 WIB

Man City Sepakat Beli Josko Gvardiol dari Leipzig Seharga Rp 1,5 Triliun

Gvardiol diprediksi belum bisa menjalani debut di Man City saat duel di Wembley.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Bek timnas Kroasia dan RB Leipzig, Josko Gvardiol, yang kian merapat ke Manchester City.
Foto: AP Photo/Andreas Gora
Bek timnas Kroasia dan RB Leipzig, Josko Gvardiol, yang kian merapat ke Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City telah mencapai kesepakatan merekrut Josko Gvardiol dari RB Leipzig. Man City akan mengirimkan 90 juta euro atau Rp 1,5 triliun ke Leipzig untuk urusan ini.

Itu belum termasuk berbagai tambahan di masa depan. Tahapan selanjutnya, Gvardiol menuju ke Inggris dalam waktu dekat. Ia perlu menjalani tes kesehatan.

Baca Juga

Jika semua berjalan lancar, sang bek menandatangani kontrak di Man City. Skuad polesan Pep Guardiola akan menghadapi Arsenal pada ajang Community Shield.

Gvardiol diprediksi belum bisa menjalani debut di klub barunya dalam duel di Stadion Wembley, London, Ahad (6/8/2023) malam WIB itu.

Man City berupaya keras proses transfer secepatnya terjadi. Itu agar Gvardiol ada di line-up the Sky Blues pada partai pembuka Liga Primer Inggris musim depan. Tepatnya ketika pasukan Pep menghadapi tuan rumah Burnley di Tur Moor pada 11 Agustus 2023.

Pada prinsipnya, kedua kubu sudah mencapai kata sepakat. Prosesnya tidak terlampau rumit. Hanya beberapa kali negosiasi.

Namun, rumor bakal merapatnya Gvardiol ke Etihad Stadium, sudah cukup lama terdengar. Awalnya Leipzig membanderol pria Kroasia itu di kisaran 100 juta euro atau Rp 1,65 triliun. The Citizens berjuang agar wakil Jerman menurunkan harga.

"Gvardiol akan menjadi rekrutan musim panas kedua Pep Guardiola setelah kedatangan Mateo Kovacic dari Chelsea," demikian laporan yang dikutip dari ESPN, Kamis (3/8/2023).

Palang pintu 21 tahun itu diprediksi menjadi salah satu bek tengah terbaik dunia di masa depan. Ia sudah menjadi sosok utama di tim nasional Kroasia. Ia meloloskan the Blazers ke semifinal Piala Dunia 2022.

Andai sang wonderkid menuju Etihad Stadium, maka Pep perlu membuat perubahan. Ia tak bisa menumpuk banyak pemain di satu posisi. Aymeric Laporte berpotensi dilepas.

Man City juga membutuhkan tambahan baru di posisi winger. The Citizens ingin mencari pengganti Riyad Mahrez. Eks Leicester City ini menuju Arab Saudi.

Selain Mahrez, Man City baru saja kehilangan Ilkay Gundogan. Gundogan merapat ke Barcelona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement