Jumat 04 Aug 2023 16:51 WIB
...

Peran Ayah Rossi, Kematian Simoncelli, Akademi, Hingga Para Murid Rossi Perkasa di MotoGP

VR46 adalah akademi bentukan Rossi sejak 2013 yang kini menjadi tim MotoGP.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Legenda MotoGP Valentino Rossi memegangi motor almarhum Marco Simoncelli saat upacara pemakaman di Rimini, Italia, 27 Oktober 2011.
Foto:

Nahas Rossi terpaksa kehilangan Simoncelli setelah sang rider mengalami kecelakaan hebat di MotoGP Sepang, Malaysia 2011. Meski demikian, Rossi ingin terus mengenang dan menghormati Super Sic dengan mengerjakan ranch VR46 lebih hebat.

"Hidup bisa kejam dan sungguh luar biasa apa yang bisa diberikan takdir kepadamu," kata Rossi menjelaskan beberapa waktu lalu, dikutip pada Jumat (4/8/2023).

Alhasil pembangunan VR46 Motor Ranch diikuti dengan pendirian Akademi VR46. Pasalnya, Rossi tidak senang MotoGP dikuasai oleh pembalap yang bukan asal Italia.

Dengan membina bakat-bakat muda asli Italia untuk terus unjuk kebolehan. Kini Rossi tengah menuai apa yang ia pupuk dari beberapa tahun lalu.

Murid-murid Rossi di Akademi VR46 adalah Franco Morbidelli, Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, Luca Marini, Lorenzo Baldassarri, Stefano Manzi, Andrea Migno, Nicolo Bulega, Niccolo Antonelli, dan Dennis Foggia.

"Akademi ini proyek terbaik yang kami punya. Kami senang menjalaninya."

Belum lama hilang dari ingatan bukti sukses proyek Akademi VR46 yakni keberhasilan Pecco Bagnaia menjuarai gelar MotoGP 2022.

Sedangkan Franco Morbidelli sudah lebih dulu mengecap manis juara dunia Moto2 pada musim 2017. Pun, Marco Bezzechi yang menjuarai Moto3 musim 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement