Ahad 06 Aug 2023 20:14 WIB

Laporte Diklaim Jadi Korban Kehadiran Gvardiol di Manchester City

Dengan kehadiran Gvardiol, City diketahui memiliki total tujuh bek tengah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Aymeric Laporte
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton EDITORIAL USE ONLY.
Aymeric Laporte

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kehadiran Josko Gvardiol di lini belakang Manchester City ternyata menghadirkan ancaman tersendiri, setidaknya buat Aymeric Laporte. The Citizens dilaporkan siap menjual bek tengah kelahiran Prancis tersebut pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Dengan biaya transfer dikabarkan mencapai 77 juta poundsterling, City telah secara resmi mendatangkan Gvardiol dari RB Leipzig. Bek tengah asal Kroasia itu pun sudah menekan kontrak berdurasi lima tahun dengan gaji mencapai 130 ribu poundsterling per pekan.

Baca Juga

Dengan kehadiran Gvardiol, City diketahui memiliki total tujuh pemain di posisi bek tengah. Bek tengah asal Kroasia itu akan meramaikan persaingan perebutan tempat utama di jantung pertahanan The Citizens, yang sebelumnya dihuni oleh John Stones, Nathan Ake, hingga Manuel Akanji.

Tidak hanya itu, The Citizens juga mengambil langkah lain guna merampingkan skuad di posisi bek tengah. Salah satunya adalah melepas salah satu pemain. Laporte dilaporkan masuk dalam pemain yang siap dilepas manajemen The Citizens.

"Setelah mendatangkan Gvardiol, Manchester City akan mencoba melepas Laporte. Sebelumnya, bek tengah berusia 29 tahun itu dilaporkan telah menarik minat sejumlah klub asal Inggris, mulai dari Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Aston Villa," tulis laporan Mirror, Ahad (6/8/2023).

Selain klub-klub tersebut, mantan bek tengah Athletic Bilbao itu juga disebut-sebut masuk radar salah satu klub raksasa asal Italia, Juventus. Pun dengan kabar ketertarikan sejumlah klub asal Arab Saudi, seperti Al Nassr dan Al Ahli.

Namun, hingga saat ini, City belum menerima penawaran formal dari klub-klub tersebut. Kabarnya, The Citizens siap melepas bek tengah berpaspor Spanyol itu dengan nilai transfer tidak kurang dari 30 juta poundsterling.

Laporte diketahui masih memiliki kontrak bersama The Citizens hingga 30 Juni 2025 mendatang. Laporte mulai memperkuat City pada pertengahan musim 2017/2018. Kala itu, City mengaktifkan klausa pelepasan kontrak Laporte bersama Athletic Bilbao dengan nilai pelepasan mencapai 57 juta poundsterling.

Laporte pun langsung dipercaya tampil di 13 laga pada paruh kedua musim 2017/2018. Pada musim berikutnya, Laporte menjadi pilihan utama di jantung pertahanan The Citizens.

Pelatih City, Pep Guardiola, bahkan menurunkan Laporte di 35 partai Liga Primer Inggris pada sepanjang musim tersebut. Ujungnya, Laporte sukses membawa City mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris.

Selain itu, Laporte juga terpilih sebagai pemain terbaik versi PFA pada akhir musim 2018/2019. Namun, rentetan cedera membuat Laporte kehilangan tempat di jantung pertahanan The Citizens.

Pada musim lalu, Laporte tercatat hanya 12 kali tampil sebagai starter di Liga Primer Inggris. Total, pada sepanjang musim lalu, pengoleksi 22 caps buat Timnas Spanyol itu hanya merumput di 24 laga di semua ajang. Laporte gagal bersaing dengan Ruben Dias dan John Stones dalam perebutan posisi di tim inti The Citizens. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement