Ahad 06 Aug 2023 23:00 WIB

Babak Pertama Community Shield; City dan Arsenal Masih Sama Kuat

Laga berjalan alot sejak menit pertama.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Striker Manchester City Erling Haaland (tengah) beraksi di tengah bayangan pemain Arsenal pada laga Community Shield, Ahad (6/8/2023).
Foto: EPA-EFE/TOLGA AKMEN
Striker Manchester City Erling Haaland (tengah) beraksi di tengah bayangan pemain Arsenal pada laga Community Shield, Ahad (6/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tidak ada gol yang tercipta pada babak pertama saat Arsenal berduel dengan Manchester City pada laga Community Shield di Stadion Wembley, London, Ahad (5/8/2023) malam WIB. City sempat begitu dominan pada awal babak pertama, sebelum akhirnya Arsenal mampu keluar dari tekanan dan mampu mengancam gawang City pada paruh kedua babak pertama.

Dua dua tim teratas di klasemen akhir Liga Primer Inggris musim lalu itu berlangsung panas. Laga baru berjalan delapan menit, wasit sudah mengeluarkan kartu kuning, tepatnya untuk gelandang Arsenal, Thomas Partey. Eks gelandang Atletico Madrid kedapatan melakukan pelanggaran keras buat Julian Alvarez.

Baca Juga

Tidak hanya buat Partey, wasit juga memberikan kartu kuning buat pelatih Arsenal, Mikel Arteta, lantaran dianggap berlebihan dalam melakukan protes. Di atas lapangan, The Citizens memang terlihat tampil begitu dominan.

Tidak tanggung-tanggung, tim besutan Pep Guardiola itu mencatatkan penguasaan bola hingga mencapai 84 persen saat laga menginjak menit ke-16. Selama periode tersebut, The Gunners tercatat hanya bisa menyelesaikan 12 operan.

Namun, peluang terbaik hingga pertengahan babak pertama justru mampu didapatkan Arsenal. Kai Havertz, yang mendapatkan sodoran umpan di dalam kotak penalti dari Ben White, sempat melepaskan sepakan ke arah gawang. Bola sepakan Havertz masih bisa dihalau oleh kiper City, Stefan Ortega.

Bola rebound hasil halauan Ortega itu coba dimanfaatkan oleh Gabriel Martinelli. Namun, bola hasil sepakan terarah winger asal Brasil itu masih melebar di sisi kanan gawang juara Liga Primer Inggris musim lalu tersebut. Dari dua sepakan yang dilepaskan penggawa Arsenal, satu sepakan tepat mengarah ke gawang.

Memasuki pertengahan kedua babak pertama, situasi permainan sedikit berubah. Arsenal secara perlahan bisa keluar dari tekanan The Citizens. Klub asal London Utara itu pun mulai mampu secara konsiten mengalirkan bola ke area pertahanan The Citizens.

Upaya Arsenal itu nyaris membuahkan hasil maksimal pada menit ke-38. Bukayo Saka merangsek ke sisi kiri kotak penalti dan mengirimkan umpan tarik. Bola sodoran umpan Saka itu pun langsung disambar Havertz. Namun, bola sepakan eks penyerang Chelsea itu masih bisa dimentahkan Ortega. Hingga babak pertama usai, kedua tim masih belum bisa mencetak gol.

 

Susunan Pemain:

Arsenal (4-3-3)

Ramsdale (PG); White, Saliba, Magalhaes, Timber; Odegaard, Partey, Rice; Saka, Harvertz, Martinelli

Pelatih: Mikel Arteta

 

 

Manchester City (4-2-3-1)

Ortega (PG); Akanji, Dias, Stones, Walker; Kovacic, Rodri; Grealish, Alvarez, Silva; Haaland

Pelatih: Pep Guardiola

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement