Selasa 08 Aug 2023 08:31 WIB

Puji Habis-habisan Kualitas Pelatih Sevilla, Guardiola Antusias Nantikan Piala Super Eropa

Guardiola mengaku sudah melihat kualitas Mendilibar sejak ia masih di Barcelona.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City akan menghadapi Sevilla FC pada perebutan Piala Super Eropa edisi terayar. Duel tersebut berlangsung di Stadion Karaiskakis, Piraeus, Yunani, Kamis (17/8/2023) dini hari WIB.

Man City sebagai juara bertahan Liga Champions meladeni ketangguhan kampiun Liga Europa. Pelatih the Sky Blues, Pep Guardiola bereaksi. Ia memuji pengaruh juru taktik lawan, Jose Luis Mendilibar di tim Andalusia itu.

Baca Juga

Mendilibar membuat Eibar terus bertahan di La Liga Spanyol selama enam musim beruntun, dengan amunisi pas-pasan. Tepatnya dari 2015 sampai 2021. Kemudian ia bergabung dengan Deportivo Alaves lalu menuju Sevilla.

Sang entrenador merapat ke Ramon Sanchez Pizjuan sejak Maret 2021. Jelas, ia melatih salah satu klub berisikan sejumlah pemain hebat. Tapi saat itu, Los Nervionenses dalam kondisi memprihatinkan.

Jesus Navas dan rekan-rekan sempat terpuruk di ranah domestik dan Benua Biru. Dalam waktu singkat, ia membalikkan keadaan. Paling nyata di Liga Europa.

Perjalanan Sevilla menjuarai ajang tersebut sangat fenomenal. Los Nervionenses menumbangkan sederet raksasa. Ada Manchester United, Juventus, lalu AS Roma di final.

Pep mengetahui situasi tersebut. Ia tak merasa heran. Ia mengaku sudah melihat kualitas Mendilibar, sejak dirinya masih di Barcelona.

"Saat Anda melihat tim Mendilibar bermain, Anda bisa langsung mengenali pengaruhnya. Mereka menyerang dengan cepat, memanfaatkan sayapnya, melakukan banyak umpan silang ke kotak penalti dengan baik," kata Guardiola kepada UEFA.com, dikutip dari Football Espana, Selasa (8/8/2023).

Secara keseluruhan, sosok yang juga pernah melatih Bayern Muenchen ini terkesan melihat performa Sevilla di Liga Europa musim lalu. Menurutnya, wakil Andalusia itu tahu bagaimana mentas di panggung Benua Biru. Tentu bukan sekadar perkara teknis.

Mentalitas positif turut berperan penting. Ivan Rakitic dkk nampak tenang menghadapi berbagai tekanan. Ketika mendapat kesempatan untuk menghajar lawan, Sevilla tak menyia-nyiakannya.

"Ini akan menjadi laga Piala Super yang bagus. Saya senang bisa menghadapi Sevilla, dan bertemu Mendilibar lagi, setelah sekian lama," ujar Guardiola.

Man City baru saja mengalami kekalahan di Community Shield 2023. Pasukan biru langit tak kuasa membendung Arsenal di Wembley. Saatnya peraih treble winnerw musim lalu itu mengalihkan fokus ke bigmatch di Stadion Karaiskakis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement