Rabu 09 Aug 2023 16:11 WIB

Ditinggal Julen Lopetegui, Wolves Tunjuk Gary O'Neil Jadi Pengganti

Wolves sudah mengetahui sejak lama bahwa Lopetegui ingin pergi.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Wolverhampton Wanderers, Julen Lopetegui, yang meninggalkan klub pada musim 2023/2024.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Pelatih Wolverhampton Wanderers, Julen Lopetegui, yang meninggalkan klub pada musim 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Wolves, Julen Lopetegui, telah meninggalkan klub. Sebagai gantinya klub menunjuk mantan pelatih Bournemouth, Gary O'Neil.

Wolves sudah mengetahui sejak lama bahwa Lopetegui, 56 tahun, ingin pergi. Wolves mengatakan kedua belah pihak telah menerima perbedaan pendapat tentang isu-isu tertentu dan setuju bahwa mengakhiri kontraknya secara damai adalah solusi terbaik.

Baca Juga

Wolves mengumumkan kepergian pelatih asal Spanyol itu tiga hari sebelum musim Liga Primer Inggris dimulai. Wolves akan menghadapi Manchester United (MU) pada hari Senin (7/8/2023).

Wolves mengatakan pembicaraan telah berlangsung dalam beberapa pekan terakhir, diadakan dengan penuh rasa hormat dan keramahan untuk memberikan waktu bagi klub mencari penggantinya. Ini juga memungkinkan Lopetegui dan stafnya mempersiapkan skuad dalam kondisi yang baik untuk musim baru.

BBC Sport, Rabu (9/8/2023) melaporkan bahwa kesepakatan untuk berpisah telah dilakukan setelah pertandingan persahabatan melawan Celtic bulan lalu, namun Lopetegui setuju untuk terus memberikan waktu mencari penggantinya.

Beberapa kandidat dipertimbangkan sebagai pengganti Lopetegui, namun O'Neil yang berusia 40 tahun telah membuat para petinggi klub terkesan dan diperkirakan akan dikukuhkan sebagai pelatih baru pada hari Rabu.

O'Neil memandu Bournemouth ke Liga Primer musim lalu dengan finis di posisi ke-15 klasemen, Namun ia dipecat pada bulan Juni 2023 dan digantikan oleh Andoni Iraola, yang memimpin klub Spanyol Rayo Vallecano ke posisi ke-11 klasemen di La Liga Spanyol musim lalu.

Jurnalis Spanyol, Guillem Balague, mengatakan, Lopetegui tidak diizinkan untuk merekrut pemain pada musim panas ini, setelah meyakini bahwa skuadnya akan diperkuat.

Lopetegui, mantan pelatih timnas Spanyol, mengambil alih klub pada bulan November ketika Wolves berada di dasar klasemen Liga Primer sebelum membimbing timnya ke posisi ke-13. Tetapi situasi keuangan klub menimbulkan spekulasi awal musim panas ini bahwa ia bisa pergi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement