Kamis 10 Aug 2023 17:44 WIB

Arsenal Pinjam Kiper Brentford David Raya Rp 58 Miliar Setahun

Raya tak akan didatangkan hanya untuk menjadi cadangan Aaron Ramsdale.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Penjaga gawang David Raya dari Brentford yang kini merapat ke Arsenal.
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton EDITORIAL USE ONLY.
Penjaga gawang David Raya dari Brentford yang kini merapat ke Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsenal dilaporkan telah menyetujui persyaratan untuk mendatangkan kiper Brentford, David Raya, dalam kesepakatan peminjaman awal dengan opsi pembelian. Keluar dari klub telah menjadi isu yang beredar setelah Raya hanya bermain selama 45 menit di pramusim, dengan rekrutan baru Mark Flekken lebih sering dimainkan dalam tur Brentford ke Amerika Serikat.

Sky Sports News dikutip Sportsmole, Kamis (10/8/2023), mengeklaim bahwa Arsenal berharap kesepakatan peminjaman tersebut dapat dikonfirmasi sebelum pembukaan musim Liga Primer Inggris akhir pekan nanti. Ini agar Raya dapat terlibat dalam skuad Arsenal untuk laga pembuka liga melawan Nottingham Forest pada Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga

Kesepakatan tersebut diyakini terdiri dari biaya peminjaman sebesar 3 juta poundsterling atau sekira Rp 58 miliar, dengan opsi untuk membeli seharga 27 juta poundsterling atau sekira Rp 522 miliar pada musim panas mendatang.

Brentford telah memperpanjang kontrak Raya selama satu tahun untuk melindungi nilainya jika Arsenal tidak mengambil opsi tersebut dalam waktu satu tahun. Ini karena Raya hanya memiliki 12 bulan tersisa dari kesepakatannya saat ini.

Raya akan bereuni dengan Inaka Cana di Arsenal, pelatih yang pernah bekerja sama dengannya di Brentford dan juga berteman di luar lapangan, karena keduanya tumbuh besar di daerah yang sama di Spanyol.

Cana diyakini telah memfasilitasi kesepakatan yang membawa Raya ke Brentford pada tahun 2019, dan sejak saat itu kualitas Raya menarik perhatian pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Musim lalu, Raya memiliki lebih banyak sentuhan dan menyelesaikan lebih banyak operan daripada penjaga gawang mana pun di Liga Primer sehingga sangat terbiasa dengan gaya bermain Arteta yang bermain dari belakang.

Meskipun Arsenal sering kali berkembang dengan Aaron Ramsdale di bawah mistar gawang, umpan-umpannya terkadang masih kurang baik, dengan kesalahan yang berujung pada gol pembuka Southampton saat bermain imbang 3-3 di Emirates adalah salah satu contohnya.

Arteta telah berbicara secara terbuka mengenai bagaimana ia menginginkan persaingan yang ketat di semua posisi di lapangan. Jadi sepertinya Raya tidak akan didatangkan hanya untuk duduk di bangku cadangan di belakang Ramsdale.

Pemain nomor dua Arsenal musim lalu, Matt Turner, telah pergi, bergabung dengan calon lawannya, Forest, di awal pekan ini, sehingga menyisakan satu tempat di skuad yang dapat diisi oleh Raya.

Turner digunakan di Piala FA dan Liga Europa musim lalu, jadi Arteta mungkin akan mengadopsi kebijakan kiper lagi, memberikan kesempatan kepada kiper mana pun yang tidak mendapat menit bermain di Liga Primer untuk tampil di Liga Champions dan trofi domestik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement