Senin 14 Aug 2023 20:17 WIB

Masih Butuh Tambahan Pemain, Newcastle Bidik Tierney dan Cucurella

Howe dilaporkan berharap bisa mendatangkan bek kiri dengan kualitas mumpuni.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Kieran Tierney dari Arsenal. Newcastle United sedang merencanakan merekrut Tierney pada musim panas ini.
Foto: AP/Rui Vieira
Kieran Tierney dari Arsenal. Newcastle United sedang merencanakan merekrut Tierney pada musim panas ini.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Newcastle United masih membutuhkan kehadiran pemain anyar untuk menambah opsi dan kompetisi antarpemain, terutama di posisi bek kiri. Bek kiri Arsenal, Kieran Tierney, dan bek sayap Chelsea, Marc Cucurella, disebut telah masuk dalam radar the Magpies.

Sebelumnya, pelatih Newcastle United, Eddie Howe, mengaku masih membutuhkan setidaknya satu tambahan pemain anyar di skuad the Magpies. Kendati tidak menyebut secara spesifik posisi bermain tertentu, Howe dilaporkan berharap bisa mendatangkan bek kiri dengan kualitas mumpuni. Nantinya, kehadiran bek kiri anyar tersebut bisa memberikan persaingan kepada Matt Targett dan Dan Burn.

Baca Juga

''Saya berharap masih ada tambahan satu pemain. Setelah itu, kami bisa memiliki kedalaman skuad dan bisa mengantisipasi apabila ada pemain yang mengalami cedera,'' ujar Howe seperti dilansir Northern Echo, Senin (14/8/2023).

Manajemen the Magpies pun dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk merekrut Tierney dan Cucurella. Namun, dengan batasan Financial Fair Play (FFP), Newcastle United hanya bisa mendatangkan satu dari dua pemain tersebut.

Tidak hanya itu, klub milik lembaga investasi Pemerintah Arab Saudi (PIF) itu kemungkinan hanya bisa mengajukan tawaran peminjaman lengkap dengan opsi tertentu pada akhir masa peminjaman. Opsi tersebut antara lain kewajiban perekrutan secara permanen atau pilihan untuk mengubah status kepindahan pada akhir masa peminjaman.

''Klub (Newcastle United) siap menanggung gaji pemain tersebut, namun memiliki ruang terbatas guna menghindari sanksi FFP. Selain itu, klub juga tidak mampu memperkuat tim yang saat ini menjadi rival di posisi empat besar,'' tulis laporan The Telegraph, Senin (14/8/2023).

Dibanding Cucurella, the Magpies kabarnya lebih condong untuk mendatangkan Tierney. Bek kiri asal Skotlandia itu mulai kehilangan posisi di tim inti the Gunners menyusul kehadiran Oleksandr Zinchenko.

Mantan bek Glasgow Celtic itu tentu tertarik untuk bisa memperbesar peluang tampil secara reguler dengan hijrah ke Newcastle United. Arsenal dilaporkan tertarik dengan kemungkinan melepas Tierney. Dengan kepindahan tersebut, the Gunners tentu tidak perlu lagi membayar gaji Tierney selama satu musim mendatang.

Terlebih, klub asal London Utara itu juga telah menghabiskan dana sebesar 115 juta poundsterling. Kondisi serupa juga dapat menjadi pertimbangan Chelsea terkait potensi kepergian Cucurella.

Sejak didatangkan dengan banderol transfer mencapai 60 juta poundsterling pada awal musim lalu, bek kiri asal Spanyol itu dinilai tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya seperti saat masih membela Brighton and Hove Albion.

''Chelsea mungkin tertarik untuk melepas Cucurella secara permanen, tapi tawaran peminjaman selama semusim dari the Magpies sepertinya cukup menarik untuk bisa diambil the Blues,'' tulis laporan The Telegraph.

Pada bursa transfer musim panas tahun ini, the Magpies diketahui sudah menghabiskan dana sebesar 101 juta poundsterling untuk mendatangkan empat pemain sekaligus. Selain merekrut Sandro Tonali dari AC Milan, Newcastle United sudah mendatangkan Harvey Barnes, Tino Livramento, dan Yankuba Minteh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement