Selasa 15 Aug 2023 22:19 WIB
...

Marc Marquez Tegaskan Bakal Tetap Bertahan di Honda

Tak hanya Marquez, 3 pembalap Honda lain juga terbilang kesulitan tampil konsisten.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pengoleksi enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP, Marc Marquez, menegaskan tidak akan meninggalkan tim Repsol Honda setidaknya hingga kontraknya berakhir pada 2024 mendatang. Marquez pun sudah memiliki target khusus dalam melakoni sisa gelaran MotoGP musim ini.

Kepergian pembalap berusia 30 tahun itu dari Honda mulai mencuat usai performa buruk pada MotoGP musim ini. Dari empat seri dalam sembilan seri yang telah digelar pada musim ini, Marquez tidak pernah mampu menyelesaikan sesi balapan.

Baca Juga

Tidak hanya Marquez, tiga pembalap Honda lainnya juga terbilang kesulitan untuk tampil konsisten pada musim ini. Keberhasilan pembalap LCR Honda Castrol, Alex Rins, naik ke podium tertinggi di GP Argentina menjadi satu-satunya catatan kemenangan Honda saat MotoGP musim ini telah menyelesaikan sembilan seri.

Kondisi ini sudah cukup menjadi memicu rumor kepergian Marquez dari Honda. Pabrikan asal Austria, KTM, disebut-sebut siap memberikan tempat buat Marquez. Terlebih, KTM merupakan salah satu sponsor pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut. Namun, Marquez membantah semua kabar tersebut.

''Saya melihat begitu banyak rumor. Hal itu normal apabila sebuah proyek atau pembalap mengalami situasi sulit. Namun, saya ingin terus berkompetisi di MotoGP seperti yang saya lakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Saya disini mencari jalan terbaik untuk masa depan,'' kata Marquez kepada TalkSports seperti dilansir Crash, Selasa (15/8/2023).

Marquez juga tidak mau merusak hubungan baik bersama Honda, yang telah terentang sejak 2013 silam. Honda, ujar Marquez, telah memberikannya kesempatan untuk bisa merasakan kelas utama MotoGP.

Hingga saat ini, Honda menjadi satu-satunya tim pabrikan yang diperkuat Marquez sejak mengaspal di kelas utama MotoGP. Enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP pun diraih Marquez saat memperkuat tim Repsol Honda.

''Selama karier saya, saya begitu loyal dengan Honda dan sebaliknya. Kami memiliki hubungan spesial sejak 2013. Dari titik itu, saya hanya berpikir Honda. Kami banyak meraih kemenangan dan menjalani tahun-tahun luar biasa,'' ujar Marquez.

Namun, pemilik satu gelar juara dunia di kelas 125 cc dan 250 cc itu tidak menampik apabila Honda tengah mengalami situasi sulit pada musim ini. Sebagai pembalap, Marquez akan berusaha memberikan masukan kepada tim mekanik dalam pengembangan motor RC213V. ''Sebagai pembalap, saya memiliki komitmen penuh untuk melanjutkan proyek ini pada tahun ini.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement