Kamis 17 Aug 2023 18:41 WIB
...

Masih Terus Terpuruk Musim Ini, Marc Marquez Mencoba Pendekatan Baru di GP Austria

Marquez tidak mau memaksakan kondisi motor RC213V tunggangannya di setiap balapan.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez tampak termenung seusai menjalani sesi kualifikasi MotoGP 2023 seri Silverstone Inggris akhir pekan kemarin. Dalam race keesokan harinya, Marquez mengalami crash.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez tampak termenung seusai menjalani sesi kualifikasi MotoGP 2023 seri Silverstone Inggris akhir pekan kemarin. Dalam race keesokan harinya, Marquez mengalami crash.

REPUBLIKA.CO.ID, SPEILBERG -- Marc Marquez sedang berusaha keluar dari keterpurukan di pentas MotoGP musim ini. Salah satu langkah yang diambil pembalap Repsol Honda itu adalah dengan mengubah pendekatan dan gaya balapan pada sisa MotoGP musim ini.

Tidak hanya itu, pembalap asal Spanyol itu juga tidak mau memaksakan kondisi motor RC213V tunggangannya di setiap balapan. Setidaknya dua opsi tersebut menjadi solusi yang dipersiapkan Marquez setelah tidak pernah mampu menyelesaikan sesi balapan di delapan seri awal MotoGP musim ini.

Baca Juga

Kerapkali terjatuh dan berbagai cedera membuat Marquez hanya tampil di tiga seri dan mundur dari sesi balapan di dua seri.

''Di enam balapan, saya mematahkan tiga tulang dan merobek satu ligamen. Karena itu, mulai saat ini, pendekatannya harus berbeda,'' kata Marquez seperti dilansir Crash, Kamis (17/8/2023).

Rencana ini sebenarnya sudah diterapkan pembalap asal Spanyol itu pada seri pertama pasca-jeda libur musim panas, tepatnya di GP Inggris, dua pekan lalu. Namun, hasilnya memang belum memuaskan. Pengoleksi enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP itu kembali gagal finish.

Marquez terjatuh saat sesi balapan di Sirkuit Silverstone itu tinggal menyisakan lima lap lagi. Kendati begitu, Marquez tetap yakin, perubahan pendekatan dengan tampil lebih tenang dan tidak memaksakan kondisi motor tetap menjadi opsi terbaik untuk bisa bangkit pada sisa MotoGP musim ini.

''Itu tetap pendekatan yang tepat untuk membangun pondasi awal. Dari situ, kami bisa beranjak,'' ujar pembalap berusia 30 tahun tersebut.

Marquez memiliki kesempatan untuk kembali mengulangi pendekatan serupa di GP Austria, akhir pekan ini. Tidak hanya itu, Marquez juga mengaku sudah mulai kembali ke kondisi fisik terbaiknya setelah sempat didera berbagai cedera pada awal musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement