Kamis 17 Aug 2023 21:28 WIB

Bos KTM Akui Pernah Bujuk Marc Marquez Tinggalkan Honda

Beirer mengaku pernah berdiskusi dengan Marquez soal kepindahan ke KTM.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.
Foto: PA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, SPEILBERG -- Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, mengungkapkan sempat berdiskusi dengan Marc Marquez terkait kemungkinan kepindahan ke KTM. Namun, pengoleksi enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP itu lebih memilih bertahan bersama Honda, setidaknya hingga kontraknya berakhir pada 2024.

Kabar kepindahan Marquez ke KTM salah satu rumor yang terus bergulir di pentas MotoGP musim ini. Selain performa jeblok Marquez bersama tim Repsol Honda, rumor itu juga berpangkal dari kerja sama antara KTM dengan Marquez.

Baca Juga

Selain Red Bull, pabrikan asal Austria memang menjadi salah satu sponsor Marquez. Rumor itu ternyata bukan isapan jempol belaka, setidaknya berdasarkan konfirmasi dari KTM.

Beirer mengaku pernah berdiskusi dengan Marquez soal kepindahan ke KTM. Namun, pembalap asal Spanyol sepertinya menolak tawaran dari pabrikan yang mulai berkiprah di MotoGP pada 2017 silam tersebut.

''Kami pernah mendiskusikan hal itu (kepindahan ke KTM) dan dia (Marquez) memberikan jawaban yang cukup jelas. Namun, hal itu tidak mengubah fakta, kami tetap berdoa dia bisa cukup beruntung untuk bisa kembali ke level tertinggi,'' ujar Beirer seperti dilansir Crash, Kamis (17/8/2023).

Hal ini diungkapkan mantan pembalap motor asal Jerman itu saat menghadiri sebuah program telewicara di sebuah stasiun televisi asal Austria, Servus TV. Saat itu, Marquez juga menjadi salah satu pembicara dalam program tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Marquez melontarkan sanjungan setinggi langit buat KTM. Menurut pembalap asal Spanyol itu, KTM memiliki potensi besar untuk bisa menjadi salah satu kontruktor top di gelaran MotoGP pada masa mendatang.

Beirer sempat membalas sanjungan Marquez terhadap KTM tersebut. Tidak hanya itu, Beirer juga menyebut, KTM merasa tersanjung disebut-sebut bakal bekerja sama dengan Marquez.

Pernyataan Berier itu seolah kembali membuka peluang buat Marquez untuk benar-benar hijrah ke KTM, setidaknya setelah menyelesaikan kontraknya bersama Honda.

''Bisa dikaitkan dengan Marc adalah sebuah pujian tersendiri. Terlebih, dengan apa yang baru dia katakan. Sayangnya, Marc tidak akan berada dalam line-up pembalap kami pada musim depan, karena kontraknya (bersama Honda),'' jelas Beirer.

Di pentas MotoGP musim ini, KTM menjadi sponsor sekaligus pemasok motor buat dua tim berbeda. Dua tim tersebut adalah Red Bull KTM Factory Racing, yang diperkuat Brad Binder dan Jack Miller, dan GasGas Factory Racing Tech3, yang dihuni Augusto Fernandez dan Pol Espargaro.

Telah menyelesaikan sembilan seri pada musim ini, KTM berhasil menempati peringkat kedua di klasemen sementara kontruktor. KTM mampu menggungguli Aprilia dan dua pabrikan asal Jepang, Honda dan Yamaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement