Ahad 20 Aug 2023 11:39 WIB

MU Kalah dari Tottenham, Ten Hag: Itu Alasan Kami Butuh Striker

MU taklik 0-2 di Stadion Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Kiper Tottenham Hotspur Guglielmo Vicario merayakan gol bunuh diri Manchester United dalam pertemuan kedua tim di Liga Primer Inggris
Foto: AP Photo/Alberto Pezzali
Kiper Tottenham Hotspur Guglielmo Vicario merayakan gol bunuh diri Manchester United dalam pertemuan kedua tim di Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester United (MU) sudah menelan kekalahan perdana pada musim ini saat baru tampil pada pekan kedua Liga Primer Inggris. Bertandang ke markas Tottenham Hotspur, United pulang dengan tangan hampa seusai dibekap 0-2, Ahad (20/8/2023) dini hari WIB. 

Gol Pape Matar Sarr pada menit ke-49, ditambah gol bunuh diri Lisandro Martinez pada menit ke-83 menjadi pembeda antara kedua tim dalam laga di Stadion Tottenham Hotspur tersebut. Selain menjadi kekalahan perdana pada musim ini, ini menjadi kekalahan pertama United dalam enam lawatan terakhir ke markas Spurs. 

Baca Juga

Setan Merah sebenarnya tampil cukup meyakinkan pada babak pertama. Namun, tim tuan rumah mampu tampil solid dalam meredam setiap serangan Setan Merah. MU pun secara perlahan mulai kehilangan konsentrasi dan menunjukkan penurunan performa, terutama pada akhir babak pertama. 

Pelatih MU Erik ten Hag mengakui, performa anak-anak asuhnya cukup baik pada babak pertama. ''Namun, kami mendapatkan tiga kartu kuning yang tidak perlu pada akhir babak pertama. Kami harus bisa tetap fokus. Kemudian, kami mengawali babak kedua dengan begitu buruk, yang berujung pada gol pertama mereka,'' ujar Ten Hag kepada Sky Sports seusai laga. 

Ten Hag pun menyoroti kegagalan anak-anak asuhnya dalam menyelesaikan peluang. Sepanjang laga, MU tercatat lebih unggul dibanding Spurs dalam melepaskan tembakan, 22 tembakan berbanding 17. 

Tidak hanya itu, United juga mampu melepaskan enam tembakan tepat ke arah gawang. Kendati begitu, MU yang mengandalkan Marcus Rashford sebagai ujung tombak, kemudian Anthony Martial, yang masuk pada babak kedua tidak kunjung mencetak gol. Di titik ini, Ten Hag menegaskan kembali kebutuhan kehadiran penyerang anyar di skuad Setan Merah. 

''Saya tidak khawatir dengan skema penyerangan kami. Namun, saya menyoroti soal kemampuan kami mencetak gol. Itulah kenapa kami membutuhkan dan telah mendatangkan striker. Pada babak pertama, kami bisa membuat pendukung mereka terdiam. Jika kami bisa mencetak gol (terlebih dahulu), mungkin pertandingan ini jadi milik kami,'' ujar eks pelatih Ajax Amsterdam tersebut. 

MU memang telah mendatangkan striker pada jendela transfer musim panas tahun ini, yaitu Rasmus Hojlund dari Atalanta. Namun, Ten Hag tidak bisa langsung menurunkan penyerang asal Denmark tersebut. Hojlund diketahui masih mengalami cedera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement