Rabu 23 Aug 2023 13:48 WIB

KTM Diklaim Punya Cara Unik untuk Rekrut Marc Marquez pada 2025

Rencana merekrut Marquez akan dilakukan tim KTM pada 2025 mendatang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari Repsol Honda Team, Marc Marquez, yang kini diincar tim KTM untuk MotoGP 2025.
Foto: AP Photo/Bradley Collyer
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari Repsol Honda Team, Marc Marquez, yang kini diincar tim KTM untuk MotoGP 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, SPEILBERG -- Tim KTM diklaim memiliki rencana besar untuk bisa bekerja sama dengan pengoleksi enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP, Marc Marquez, pada gelaran MotoGP musim 2025 mendatang. Rencana ini melibatkan salah satu pabrikan motor legendaris asal Italia, MV Agusta.

Marquez, yang saat ini masih terikat kontrak hingga 2024 bersama Honda, bisa berganti tim pada 2025 mendatang. KTM pun berminat untuk bekerja sama dengan pembalap asal Spanyol itu. Namun, Marquez tidak akan memperkuat salah satu tim di bawah bendera KTM, melainkan dengan kehadiran tim baru, MV Agusta.

Baca Juga

KTM melalui perusahaan Pierer Mobility AG diketahui memiliki 25 persen saham di MV Agusta. Pabrikan asal Austria itu pun tertarik untuk membawa kembali MV Agusta berkiprah di kelas utama Grand Prix (GP) sepeda motor.

Kehadiran tim baru ini juga sejalan dengan rencana Dorna selaku penyelenggara MotoGP. Menyusul mundurnya Suzuki pada awal musim ini, Dorna berharap adanya tim pabrikan baru yang ikut berkiprah di arena MotoGP.

MV Agusta, yang saat ini tampil di Moto2, memiliki peluang besar menjadi pengganti Suzuki tersebut. Berdasarkan lansiran Crash, Rabu (23/8/2023), KTM berharap bisa membujuk Marquez dengan skema yang sedikit berbeda.

Sebelumnya, pembalap asal Spanyol itu dilaporkan tidak tertarik menggunakan motor pabrikan KTM, RC16, untuk melanjutkan kiprahnya di MotoGP. Alhasil, KTM akan menggunakan motor MV Agusta untuk bisa membujuk Marquez.

Dengan demikian, Marquez akan menggunakan motor dari pabrikan MV Agusta pada musim 2025 mendatang. Rekam jejak sejarah dan reputasi MV Agusta di arena Grand Prix sepeda motor pada masa lalu diharapkan bisa membuat Marquez tertarik dengan rencana besar KTM tersebut.

MV Agusta memang sempat meraih kesuksesan di arena GP sepeda motor pada dekade 1960-an hingga dekade 1970-an. MV Agusta tercatat terakhir kali tampil di GP sepeda motor, terutama di kelas utama, pada 1976 silam.

Selama berkiprah di pentas GP sepeda motor, MV Agusta telah mengoleksi 38 gelar juara dunia pembalap dan 38 juara dunia konstruktor. Sejumlah pembalap legendaris dunia pernah menggunakan motor pabrikan MV Agusta, termasuk legenda balap asal Italia, Giacomo Agostini.

Saat ini, MV Agusta diketahui memiliki tim balap yang tengah berkiprah di gelaran Moto2 dan Superbike. Klaim terkait rencana dan cara KTM untuk merekrut Marquez ini diungkapkan oleh jurnalis DAZN, Ricard Jove.

''Anda tahu, apa yang KTM inginkan? Anda tahu rencana marketing KTM pada masa depan? Mereka ingin Marc Marquez mengendarai MV Agusta. Itu rencana mereka, dan hal itu bisa terjadi,'' kata Jove seperti dilansir Crash.

Namun, rencana itu bukan tanpa potensi kendala. Hambatan terbesar yang dihadapi KTM adalah menyakinkan Dorna dan Federasi Motorsport Internasional (FIM) supaya bisa menggunakan motor pabrikan MV Agusta. Sejak berkiprah di MotoGP pada 2017 silam, pabrikan asal Austria itu telah mengembangkan dan menggunakan motor RC16.

''Apa yang harus dilihat adalah bagaimana kejuaraan (MotoGP) mengizinkan KTM untuk menggunakan motor MV Agusta atau menggunakan motor yang sama sekali berbeda dari motor KTM (RC16). Itu adalah target mereka. Saya rasa, hal itu akan sangat bagus apabila bisa tercapai,'' ujar Jove menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement