Kamis 24 Aug 2023 20:54 WIB

Babak Pertama, Indonesia U-23 Memimpin 3-1 atas Thailand

Thailand kesulitan mengimbangi kekuatan Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas Indonesia U-23 unggul lebih dulu di babak pertama menghadapi Thailand U-23 di babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Laga tersebut digelar di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023) malam WIB.
Foto: Dok. PSSI
Timnas Indonesia U-23 unggul lebih dulu di babak pertama menghadapi Thailand U-23 di babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Laga tersebut digelar di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 unggul lebih dulu di babak pertama menghadapi Thailand U-23 di babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Laga tersebut digelar di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023) malam WIB. Indonesia unggul 3-1 di paruh pertama melalui gol yang diciptakan oleh Kelly Sroyer, Muhammad Ferarri dan gol bunuh diri Natcha Promsomboon. 

Indonesia tampil menyerang sejak menit awal. Tim asuhan Shin Tae-yong pun mampu mencuri keunggulan lebih dulu di menit ke-10. Arkhan Fikri memberikan umpan kepada Sroyer, pemain asal Biak itu menahan bola sebelum akhirnya mancari posisi yang tepat untuk melepaskan tembakan. Bola ke sisi kanan gawang gagal diamankan pleh kiper, skor 1-0 untuk Indonesia. 

Baca Juga

Skuad Garuda Muda tidak menurunkan tensi permainan mereka. Alfeandra Dewangga dkk menunjukkan semangat juang yang lebih baik daripada di dua laga sebelumnya. Tim Merah Putih memberikan tekanan di area yang lebih tinggi menyulitkan Thailand untuk membangun serangan meraka.

Indonesia menggandakan keunggulan di menit ke-23. Lemparan ke dalam oleh Robi Darwis mampu mencapai area tengah kotak penalti dan berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Ferarri yang berdiri tanpa penjagaan. Pemain Persija itu mengarahkan tandukan ke sisi kiri bawah gawang yang tidak terkawal oleh kiper. Skor 2-0 untuk Indonesia. 

Gol balasan diberikan oleh Thailand di menit ke-27. Gol tercipta dari situasi tendangan sudut. Thanison mengambil tendangan sudut, melepaskan umpan ke tengah kotak penalti, dan berhasi disambut dengan tandukan oleh Chukid dengan tandukan terbang mengarah langsung ke gawang, kedudukan berubah menjadi 1-2 untuk Thailand. 

Indonesia memainkan tempo permainan, dengan tenang memberikan tekanan. Serangan yang dibangun memaksa Thailand turun lebih jauh. Sananta menguasai bola tanpa penjagaan, ia melalukan percobaan dari jarak jauh di menit ke-34. Namun percobaannya itu masih meleset tipis dari sasaran.

Sananta kembali menyulitkan kiper Thailand dengan tembakan menysur tanah yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang di menit ke-40. Tapi peluang itu masih bisa dipatahkan oleh Siriwat dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Indonesia.

Gol bunuh diri Thailand menambah keunggulan Indonesia. Itu tercipta dari tendangan keras yang dilepaskan Haykal dari luar kotak penalti, bola ditanduk oleh Natcha tapi justru mengarah ke gawang. Itu menambahkan keunggulan Indonesia menjadi 3-1 atas Thailand.

 

 

 

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

 

Thailand (5-2-3): Siriwat Ingkaew (kiper); Thanison Paibulkijchareon, Songchai Thongcham, Kittichai Yaidee, Warinthon Jamnongwhat, Kritsada Nontharat; Natcha Promsomboon, Kasidit Kalasin; Phanthamit Praphanth, Nethinthorn Kaewchareon, Chukid Wanpraphao

Pelatih: Issara Sritaro 

 

Indonesia (5-3-2): Ernando Ari (kiper); Amiruddin Bagas Kaffa, Frengky Missa, Mohammad Haykal, Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga; Beckham Putra, Arkhan Fikri, Rifky Dwi Septiawan; M. Ramadhan Sananta, Jeam Kelly Sroyer

Pelatih: Shin Tae-yong

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement