Ahad 27 Aug 2023 16:01 WIB

Ucapan Dewasa Penggawa Timnas U-23 Ini Tunjukkan Masa Depan Sepak Bola Indonesia Cerah

Indonesia memang kalah, tapi terbukti Garuda Muda yang terbaik.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Suporter menyaksikan pemain Timnas Indonesia U-23, Robi Darwis, menggiring bola saat melawan Timnas Vietnam U-23 dalam pertandingan Final Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023).
Foto: Dok PSSI
Suporter menyaksikan pemain Timnas Indonesia U-23, Robi Darwis, menggiring bola saat melawan Timnas Vietnam U-23 dalam pertandingan Final Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, RAYONG -- Bek kanan Tim Nasional Indonesia U-23, Robi Darwis bereaksi setelah timnya belum bisa meraih trofi Piala AFF U-23 di Thailand. Garuda Muda dikalahkan Vietnam U-23 lewat adu penalti.

Sepanjang waktu normal, duel di Rayong Provincial Stadium, Rayong, Sabtu (26/8/2023) malam WIB, berkesudahan imbang 0-0. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu. Kedudukan tidak berubah.

Baca Juga

Otomatis pemenang ditentukan lewat adu penalti. Pada tahapan ini, Timnas Indonesia U-23 kalah 5-6 dari sang rival. Jelas, Robi merasakan kekecewaan.

Namun ia tak ingin terlarut dalam kekecewaan mendalam. Hidup harus terus berjalan. Banyak pertempuran lain, menunggu mereka. Ia yakin, semua yang dilalui pasukan Garuda Muda akan mengantarkan mereka dalam sebuah kedewasaan yang lebih matang. 

"Ini pengalaman yang amat sangat berharga. Semoga bisa jauh lebih baik dari sebelumnya," tulis Robi di instagramnya yang dikutip pada Ahad (27/8/2023).

Skuad polesan Shin Tae-yong berjuang sampai titik darah penghabisan. Bahkan menuju partai final, awak merah putih dihantam badai cedera. Hanya 16 pemain tersisa di partai puncak. 

Fakta demikian, tak mengurangi semangat wakil tanah air. Coach Shin mencoba memanfaatkan amunisi tersisa dengan baik. Hasilnya efektif di lapangan.

Pada babak pertama, Indonesia U-23 lebih banyak mengancam. Setela turun minum, giliran Vietnam U-23 memegang kendali. Saat perpanjangan waktu, stamina sudah menurun.

Namun konsentrasi tetap terjaga. Beberapa terlihat kesakitan. Beckham Putera ditarik, di penghujung waktu normal, karena cedera.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengucapkan terima kasih kepada Garuda Muda yang sudah berjuang. Ia meminta Robi Darwis dan rekan-rekan tetap semangat dalam berproses mewujudkan target dan semua mimpi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement